Wisata Lombok Paripurna, dari Gili Trawangan Lombok Sampai Pantai Senggigi

Joshua HarryUltimate guideLeave a Comment

Wisata di Lombok sepertinya tidak akan pernah habis membicarakan keindahan alam dan pariwisatanya. Mulai dari Gili Trawangan Lombok, Pantai Senggigi, Pantai Pink Lombok dan masih banyak lagi destinasi-destinasi keren yang bakal bikin kalian gigit jari! Penasaran cara bikin wisata Lombok kamu makin paripurna? Baca ini dulu, yuk!

Wisata Lombok, surga di selatan Indonesia

Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa.

yuk wisata ke lombok

Sumber foto: wisatalombokaja.blogspot.com

Terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, wisata Lombok memiliki luas sekitar 4.514 km2. Letaknya yang cukup dekat dengan Bali, membuat wisata Lombok menjadi opsi prioritas bagi pelancong yang ingin menikmati surga di selatan Indonesia.

Menuju ke Wisata Lombok

Bandara Internasional Lombok Praya, akan menjadi pintu gerbang utama bagi kalian yang menggunakan jalur udara menuju wisata Lombok. Dengan cakupan rute penerbangan dari dan menuju destinasi-destinasi wisata Lombok yang cukup banyak, perjalanan kalian akan semakin mudah dan nyaman. Bahkan bandara dengan kode LOP ini juga melayani rute internasional dari dan menuju Singapura dan Malaysia. Dari Jakarta, harga tiket pesawat yang ditawarkan berkisar mulai 800ribu rupiah dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Akan tetapi tidak perlu khawatir buat para backpacker yang cinta dengan perjalanan lebih ‘menantang’ dan hemat, kalian bisa coba cara ke Lombok dengan alternatif lain. Dari Jakarta (St. Gambir : kereta eksekutif, St. Pasar Senen : kereta ekonomi & bisnis) kalian bisa menuju Surabaya (St. Surabaya Gubeng/ St. Surabaya Pasar Turi) terlebih dahulu dengan kereta api.  Harga yang ditawarkan untuk sekali jalan per orang dengan kelas ekonomi mulai dari 104 ribu rupiah, waktu tempuh sekitar 15 jam. Dari Surabaya, lanjutkan perjalanan lewat St. Surabaya Gubeng menuju St. Banyuwangi Baru dengan harga mulai dari 88ribu, waktu tempuh sekitar 6 jam.

Dari Banyuwangi, lanjutkan perjalanan kalian dengan bus menuju Terminal Ubung Denpasar. Bus dengan rute tersebut bisa ditemui di Pelabuhan Ketapang yang jaraknya sangat dekat dengan Stasiun Banyuwangi Baru. Bus tersedia 24 jam dengan waktu tempuh menuju Terminal Ubung sekitar 3 jam termasuk waktu penyeberangan. Harga tiket satu orang antara 30 – 50 ribu rupiah.

Lanjutkan lagi perjalanan dari Terminal Ubung menuju Pelabuhan Padangbai dengan bus, dengan harga sekitar 50 ribu dengan waktu tempuh 4 jam. Lalu menyeberang lagi menggunakan feri ke Pelabuhan Lembar. Dari situ, tinggal tentukan tujuan wisata Lombok yang kalian inginkan.

Untuk menuju destinasi Gili Trawangan Lombok, Pantai Senggigi, atau Pantai Pink Lombok, pilihan transportasi yang tersedia beragam. Tinggal pilih dan menyesuaikan budget. Mulai dari travel, angkutan umum, hingga charter kendaraan ada.

Gili Trawangan Lombok, Pantai Senggigi, Pantai Pink Lombok, dan sejuta wisata lainnya!

Belum ke Lombok rasanya, kalau belum ke Gili Trawangan. Gili atau pulau yang satu ini adalah yang terbesar di antara gili-gili di barat Lombok. Pemandangan pantainya yang masih ‘murni’ membuat keindahan Gili Trawangan membuat liburanmu makin paripurna bin sempurna!

tempat wisata lombok

Sumber foto: almarik-lombok.com

Ingin menikmati pantai sekaligus pemandangan pegunungan? Jangan khawatir! Pantai Senggigi bisa jadi opsi tepat untuk menyegarkan pikiran dan jiwa saat di Lombok. Terlebih suasana Pantai Senggigi sangat mendukung untuk berjemur dan menghabiskan waktu seharian sambil menikmati keindahan alam Lombok.

ayo wisata ke lombol

Sumber foto: wisatania.com

Buat kalian yang suka keunikan dan sesuatu yang ‘tidak biasa’, mungkin Pantai Pink Lombok bisa memberi pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan. Tapi tunggu dulu! Sebenarnya pasir Pantai Pink Lombok ini tidak benar-benar berwarna pink, melainkan warna pink yang dihasilkan terbentuk dari cahaya matahari yang dipantulkan oleh pasir-pasir pantai yang berasal dari koral mati. Sehingga warna pink yang dihasilkan tidak selalu ada, biasanya saat musim kemarau atau antara bulan Mei hingga Oktober. Pemandangannya indah, meski lokasinya agak jauh!

liburan ke lombok

Sumber foto: arwini.com

Tempat-tempat lain yang tak kalah menarik adalah Lingkoq Datu, Pantai Penyisok, Taman Wisata Pusuk Sembalun, Batu payung Tanjung Aan, dan masih banyak lagi!!

Pilihan bermalam dari minimalis sampai bombastis!

Harga murah bukan berarti kaleng-kaleng, lho! Dengan modal 100 ribuan per malam, kalian bisa tidur nyenyak di hostel yang memorable dan instagramable! Nggak percaya? Gili Gipsy Hostel merupakan salah satu pilihan terbaik untuk kalian yang ingin penginapan murah di Gili Trawangan.

wisata ke lombok

Sumber foto: tripadvisor.com

Ingin yang chic and fancy, memorable, dan luxury? Sepertinya Katamaran Resort Lombok pilihan tepat! Dengan view langsung ke laut membuat suasana liburan kalian akan semakin biru-biru merindu karena suasana laut akan terbawa sampai kalian terlelap!

wisata ke lombok

Sumber foto: katamaranresort.com

Tentunya masih sangat banyak penginapan yang favorit banget untuk pelancong di banyak daerah di Lombok yang sangat mudah ditemukan. Tinggal sesuaikan budget dan kebutuhan ya!

Selalu sempatkan wisata lidah!

Kurang afdol rasanya jika berlibur ke Lombok tanpa mencicipi makanan khasnya. Menu-menu berikut bisa kalian masukan ke waiting list menu sarapan, makan siang, hingga makan malam kalian!

  • Ayam Taliwang
  • Sate Bulayak
  • Nasi Balap Puyung
  • Ares
  • Sate Rembiga
  • Sate Tanjung
  • Babalung
  • Beberuk Terong

Waktu terbaik untuk ke Lombok

Jika kalian ingin puas menikmati kuliner khasnya, datanglah saat bulan puasa. Pada bulan puasa, jajanan otentik khas Lombok ditemukan di setiap sudut kota dengan mudah!

Jika ingin menikmati Lombok dengan suasana tenang, ada baiknya datang saat hari-hari sekolah aktif. Lombok akan cenderung sepi dan liburan kalian makin mendewa!

Ingin ke Lombok untuk berselancar secara profesional? Bulan November-April ombak lautan Lombok sedang ‘bergairah-gairahnya’. Memacu adrenalin lewat berselancar di bulan-bulan ini sangat direkomendasikan!

Kalian pengagum senja? Berburu matahari terbenam di Malimbu pada bulan Juli-Agustus bikin kalian tercenggang!

Atau kalian pemburu festival? Bulan Agustus-November biasanya ada festival-festival seperti Pesona Senggigi Jazz & World Music Festival, Festival Senggigi, dan Festival Gili Indah yang sangat sayang untuk dilewatkan. Tetapi jangan lupa cek jadwal acaranya lagi supaya tidak salah jadwal, ya!

 

Masih penasaran seputar liburan mantap di Lombok? Jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi konsultan perjalanan dari Wanderial yang bakal bikin liburanmu makin asik!

0 votes

Diskusi / Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *