Mau Berwisata ke Sumba? Baca Ini Dulu Sebelum Bertualang ke Sumba!

Joshua HarryUltimate guideLeave a Comment

Pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara ini memang sudah populer akan eksotisme wisata alamnya. Destinasi wisata Sumba yang terbagi menjadi tempat wisata di Sumba Barat dan wisata di Sumba Timur akan membuat kalian semakin haus untuk memanjakan diri dan pikiran. Makin penasaran dengan pesona Sumba? Baca sampai habis ya!

Menuju Sumba dengan hati gembira

Walaupun tidak ada penerbangan langsung dari Jakarta untuk menuju Sumba, perjalanan ke Sumba tidak serumit yang dipikirkan lho. Menuju Sumba hanya perlu satu kali transit, bisa lewat Denpasar, Bali atau lewat Kupang, Nusa Tenggara Timur. Perjalanan dari Jakarta menuju Denpasar memakan waktu sekitar 2 jam atau ke Kupang sekitar 3 jam. Dari Denpasar atau pun Kupang menuju Sumba memakan waktu sekitar 1 jam.

Nah, yang perlu diperhatikan adalah di Sumba ada 2 bandara (Bandara Tambolaka dan Bandara Waingapu) yang berjarak sekitar 180km dengan waktu tempuh antar keduanya sekitar 4 jam perjalanan darat. Ada baiknya sesuaikan opsi pulang dan pergi kalian dengan rute terdekat tujuan wisata. Jadi sangat memungkinkan jika bandara kedatangan dan kepulangan berbeda. Jika ingin praktis, carilah yang terdekat dengan destinasi wisatamu atau jika ingin hemat, carilah menyediakan penerbangan dengan harga lebih hemat. Harga yang ditawarkan untuk sekali jalan dari Jakarta menuju Sumba mulai dari 1,5 juta rupiah per orang.

Jangan takut mahal dulu! Selain menggunakan opsi transportasi udara, menuju Sumba juga bisa lebih hemat dan penuh cerita dengan perjalanan darat & laut. Yakni, dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya menuju Pelabuhan Waingapu, Sumba dengan Kapal Pelni seharga 400ribuan atau via Labuan Bajo ke Sumba dengan harga 120ribuan.

Pilihan wisata di Sumba mulai dari tempat Sumba Barat hingga Sumba Timur

Ada baiknya, sebelum berlibur ke Sumba, kalian menentukan tujuan wisata yang ingin dikunjungi supaya transportasi bisa lebih efektif.

  • Tempat Wisata di Sumba Barat

Pantai Nihiwatu sepertinya harus masuk dalam daftar perjalanan kalian untuk berlibur di Sumba. Salah satu tempat wisata di Sumba Barat ini masuk daftar 100 pantai terbaik di dunia. Selain pemandangannya yang indah, ombak di sini juga cocok digunakan surfing.

open trip sumba

Sumber foto: katalogwisata.com

Ada juga keindahan laut dan danau yang kalian bisa nikmati sekaligus di Danau Weekuri. Airnya sangat jernih, danau bisa untuk berenang, dan tentunya kebersihan pangkal liburan nikmat bisa kalian temui di sini.

open trip sumba

Sumber foto: pegipegi.com

Ada juga wisata budaya Kampung Ratenggaro, di mana kalian dapat bercengekerama dengan masyarakat asli juga memelajari kesenian, sejarah, dan budaya setempat.

  • Tempat Wisata di Sumba Timur

Pantai di Sumba Timur juga tidak kalah menarik, lho! Pantai Mandorak salah satunya yang bakal bikin kamu menganga. Keindahan pantai rahasia yang terapit dua karang ini cocok banget untuk kalian yang sedang bersama pasangan atau sekedar berlibur bersama keluarga atau kerabat.

open trip sumba

Sumber foto: pedomanwisata.com

Sudah bosan dengan pantai dan ingin menikmati padang rerumputan? Sumba Timur juga punya! Namanya Bukit Warinding. Jaraknya hanya sekitar 30 menit dari Kota Waingapu. Letaknya yang berada di ketinggian membuat suasana sejuk semilir dan tidak ingin untuk meninggalkan Bukit Warinding.

open trip sumba

Sumber foto: backpackerjakarta.com

Masih ada juga Taman Nasional Laiwangi Wanggameti yang tak kalah asyik untuk dikunjungi. Tentunya selain menyajikan keindahan alam dan suasana, kalian bisa bernarsis-narsis hitz nan eksis untuk diunggah ke meida sosial.

Menginap di tempat istimewa

  • Nihiwatu Resort Sumba

Berlokasi tepat di tepian Pantai Nihiwatu, melengkapi keindahan dan kemewahan Nihiwatu Resort. Resort ini juga dinobatkan menjadi salah satu resort terbaik pada tahun 2017. Tentunya, resort ini juga sangat cocok untuk pilihan honeymoon atau sekedar bersantai.

open trip sumba

Sumber foto: uniqhotels.com

  • Bamboo pavilions at Maringi Eco Resort by SHF

Resort eksotis yang mengusung tema ramah lingkungan dengan suasana bangunan yang menyatu dengan alam, membuat resort yang dibangun dengan dominasi bambu ini akan membuat liburan kalian semakin sempurna dan paripurna. Harga sewa mulai dari 1 juta rupiah per malam.

  • Praikamaru Guest House

Ingin menginap dengan suasana rumah adat namun dengan harga yang hemat? Praikamaru Guest House bisa menjadi alternatif kalian untuk menghabiskan malam. Ruangan dengan suasana kayu akan membuat waktu istirahat kalian lebih menenangkan. Ingin menginap di sini? Siapakan saja budget 300 ribuan untuk per malam!

 

Waktu terbaik untuk berlibur ke Sumba

Berbeda musim, berbeda pula citra Sumba yang akan kalian dapat. Pada musim kemarau sekitar bulan Mei-Juli, daerah-daerah bukit akan cenderung berwarna coklat kekuningan. Akan tetapi saat musim hujan, Oktober-November, semuanya akan berubah menjadi  hijau subur yang menyegarkan jiwa. Sisanya pada musim-musim peralihan, keadaan akan menjadi tidak merata. Ada yang sudah mulai sering hujan, ada yang belum. Kedua musim tersebut sama baiknya untuk melihat pemandangan, bedanya tergantung pemandangan yang seperti apa yang kalian inginkan.  Jika ingin menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam, ada baiknya datang pada musim kemarau agar pemandangan senja tidak terhalang awan.

Makin penasaran dan sudah tidak sabar untuk berlibur ke Sumba? Segera hubungi konsultan perjalanan kami dan  nikmati liburan yang tidak terlupakan bersama Wanderial!

 

 

0 votes

Diskusi / Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *