Yuk Kenali Lebih Jauh Dieng Plateau! Surga Wisata Alam di Jawa Tengah

Joshua HarryUltimate guideLeave a Comment

Belum ke Jawa Tengah kalau belum ke Dieng Plateau! Tempat Wisata Dieng adalah salah satu destinasi terfavorit yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Jawa Tengah. Apalagi dengan berbagai keindahan fenomena alamnya. Di Dieng kamu bisa berkunjung ke desa tertinggi di pulau Jawa, yaitu Sikunir atau melihat keindahan kawah di Dieng akan membuat liburanmu di tempat wisata Dieng makin seru! Apalagi kamu bisa mengunjungi situs candi juga di Dieang! Makin penasaran? Simak sampai akhir!

Surga di atas awan Jawa Tengah

Bagi kalian yang belum tahu di mana tempat wisata Dieng, lokasi Dieng berada di tengah-tengah Provinsi Jawa Tengah, di antara Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Kira-kira berjarak 4 jam perjalanan darat dari Kota Yogyakarta dan 3,5 jam dari Kota Semarang. Dengan ketinggian rata-rata 2000 meter di atas permukaan laut, suasana pegunungan yang asri bisa kalian nikmati saat berkunjung ke Dieng Plateau ini. Lokasinya yang terletak berdekatan di sebelah barat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, membuat tempat wisata Dieng juga sangat strategis untuk kalian yang juga suka untuk mendaki gunung.

Menuju ke tempat Wisata Dieng

Untuk mencapai ke Candi Dieng sendiri bisa dibilang mudah. Kalian bisa langsung memilih bus dengan rute Wonosobo, atau dengan menggunakan kereta dari Solo/Semarang/Yogyakarta/Jakarta/Surabaya, dengan tarif yang bervariasi mulai dari 70ribu hingga 300ribu tergantung kelas, untuk transit di Stasiun Purwokerto lalu menyambung dengan bus ke Wonosobo. Tiba di Terminal Mendolo, Wonosobo, kalian perlu berpindah transport menggunakan bus kecil atau angkutan menuju Terminal Dieng. Harga tiket bus kecil sekitar 10 ribu rupiah per orang dan angkutan kota sekitar 3 ribu rupiah per orang.

Jangan khawatir soal perjalanan panjang ke Dieng Plateau karena sebelum kalian sampai saja, sudah disuguhi pemandangan alam yang sangat nikmat untuk mencuci mata dan menyegarkan pikiran. Dan akan semakin membahana saat sudah tiba di tempat wisata Dieng.

Beberapa spot menarik untuk dikunjungi

  • Bukit Sikunir Dieng
open trip dieng

Sumber foto: anekatrip.com

Sekunir merupakan salah satu spot terbaik di Jawa Tengah untuk melihat matahari terbit yang tak kalah seksi dibandingkan senja. Tentunya pada cuaca cerah atau saat musim kemarau, pemandangan di Sikunir Dieng akan lebih indah karena matahari tidak tertutup banyak awan mendung dan cerah sempurna. Bukit Sikunir Dieng cenderung selalu ramai didatangi wisatawan lokal dan mancanegara. Tentunya jika ingin menikmati keromantisan matahari terbit di Sikunir Dieng, kalian perlu datang selambat-lambatnya saat subuh dan lebih baik sudah mulai bersiap sejak dini hari.

 

  • Telaga Pengilon
paket wisata dieng

Sumber foto: satujam.com

Airnya yang jernih membuat permukaan air ini bisa digunakan untuk bercermin, atau dalam bahasa Jawa “ngilo”. Sehingga wajar telaga ini dinamakan Telaga Pengilon. Lokasinya dekat dengan Telaga Warna, namun yang membedakan air di telaga ini tidak berwarna dan jernih.

 

  • Kompleks Candi Arjuna dan Candi Bima
wisata dieng

Sumber foto: ghufron.com

Sambil menikmati keindahan alam tidak ada salahnya untuk menikmati juga keindahan warisan budayanya di Candi Arjuna. Kompleks Candi Dieng Arjuna ini terdiri dari beberapa candi yang dibangun sekitar abad IX Masehi merujuk pada penemuan prasasti di lokasi ini. Untuk Candi Bima, terletak di Desa Dieng Kulon, kecamatan Batur, Kab. Banjarnegara.

 

  • Kawah Dieng
paket wisata open trip dieng

Sumber foto: bobocantik.com

Tak lengkap rasanya jika ke tempat wisata Dieng tanpa mengunjungi Kawah Dieng. Di Kawah Dieng, kepulan-kepulan asap sangat jelas terlihat dan indah. Akan tetapi, konsentrasi belerang di sekitar kawah yang cukup tinggi membuat kita juga perlu hati-hati saat berada di sekitar kawah. Apabila tidak tahan dengan aroma belerang, ada baiknya membawa masker untuk menutup hidung. Untuk lokasinya sendiri, kawah Dieng terdiri dari beberapa spot seperti Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, dan Kawah Sileri.

 

Jangan pernah melupakan kulinernya!

  • Mie Ongklok

Mie kuah kental yang dimakan dengan daging daging ayam dengan sayur kol. Kuah kentalnya terbuat dari campuran tepung kanji dan sambal kacang yang memiliki rasa cenderung manis nan lezat. Makanan pendamping mie ini adalah sate ayam atau sate sapi. Tentunya kenikmatan mie ongklok akan membuat kalian ingin tambah lagi dan lagi!

paket open trip dieng

Sumber foto: detik.com

  • Purwaceng, sekali gempur langsung kenceng!

Minuman herbal yang sudah dikenal untuk membuat pria makin “gagah” ini ternyata sangat populer di Dieng Plateau ini. Selain untuk menambah stamina, rasanya sangat lezat dengan aroma khas rempah-rempah. Yang terpenting adalah, minuman ini juga boleh dikonsumsi untuk semua gender dan semua usia karena purwaceng disini berbeda dengan purwaceng yang berbentuk kapsul yang memang ditujukan khusus untuk senjata “kegagahan” pria dewasa!

open trip dieng

Sumber foto: indonesiakaya.com

  • Manisan Carica

Carica atau pepaya gunung memiliki rasa sedikit asam. Saat sudah jadi manisan rasanya manis dan lezat. Digemari mulai dari anak-anak hingga dewasa dan membuat hari-harimu semakin berwarna! Manisan ini bisa juga jadi opsi oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat karena tersedia dalam bentuk kemasan instan siap makan.

open trip dieng

Sumber foto: caricaku.com

Cuaca ekstrem di Dieng

Yang tak kalah penting untuk kalian tahu sebelum liburan adalah mengenali cuaca destinasi liburanmu. Dieng sendiri memiliki suhu yang cenderung rendah. Suhu rata-rata terendahnya pernah mencapai 10 derajat celcius. Bahkan beberapa waktu yang lalu Dieng membeku loh! Untuk menghindari kondisi fisik yang menurun akibat perubahan cuaca, alangkah lebih baik jika kalian tidkak lupa menyiapkan jaket tebal, sarung tangan, kaos kaki, dan penutup kepala untuk menghangatkan tubuh. Obat-obatan pribadi juga jangan sampai tertinggal, serta bawa pula perlengkapan P3K sederhana juga minyak kayu putih dan minuman anti masuk angin.

open trip dieng

Sumber foto: erlanggorokasih.com

Waktu terbaik berlibur ke Dieng Plateau

Mengingat lokasinya berada di pegunungan, agar dapat nyaman saat berlibur di sini ada baiknya datang saat musim kemarau. Sehingga kalian dapat menikmati wisata tanpa harus kehujanan dan pemandangan bisa nampak jelas tanpa tertutup kabut-kabut syahdu yang membuat pemandangan menjadi terbatas. Sama seperti tempat wisata pada umumnya, Dieng Plateau sangat ramai saat akhir pekan terlebih musim liburan. Jadi kalau kalian ingin menikmati keindahan tempat wisata Dieng dengan nyaman, ada baiknya pilih weekdays pada musim non liburan.

 

Jadi tunggu apa lagi, yuk hubungi konsultan travel kami agar rencana liburan kalian ke Dieng lebih sempurna!

Diskusi / Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *