Ingin Berwisata ke Pulau Mandeh Padang! Ini Hal-Hal yang Perlu Kalian Tau Sebelum ke Raja Ampat-nya Sumatera!

Joshua HarryUltimate guideLeave a Comment

Pulau Mandeh/Mandeh Island, masih banyak yang belum tahu soal pulau yang satu ini. Pulau yang terkenal akan Pantai Mandehnya ini bisa juga disebut sebagai ‘surga tersembunyi’ di Sumatera. Bagaimana tidak, kawasan Mandeh memiliki pemandangan dan bentang alam yang mampu memanjakan jiwa dan raga kalian. Dimana letak Pulau Mandeh? Lokasi Pulau Mandeh berjarak kira-kira satu setengah jam dari Kota Padang. Di pulau Mandeh, wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai objek wisata yang pastinya memorable dan sangat keren untuk diunggah di media sosial.

umber foto: travelingyuk.com

Kenapa Liburan ke Pulau Mandeh?

Pulau Mandeh Padang bisa jadi alternatif kalian untuk berlibur ala Raja Ampat dengan budget yang lebih ‘mahasiswa’. Selain karena jaraknya yang lebih dekat, transportasi dari dan menuju Pulau Mandeh Sumatera Barat memang lebih mudah dibandingkan dengan Raja Ampat. Selain itu, ada banyak titik tujuan yang kalian bisa kunjungi di Mandeh Island seperti Pulau Taraju, Pulau Setan atau Sutan, Pulau Sironjong Besar, Pulau Sironjong Ketek, Pulau Marak, Pulau/Desa Kapo-Kapo, Sungai Nyalo/Gemuruh, dan Pulau Cubadak.

Tidak hanya pantai, kawasan Mandeh menawarkan keistimewaan alam seperti Puncak Mandeh yang berada di Dermaga Tarusan, air terjun di Sungai Gemuruh, tebing batu di Sironjong Ketek, atau snorkeling di Pulau Cubadak. Kemudian ada juga kawasan hutan mangrove yang masih alami dan asri. Kalau mau atraksi yang lebih menantang, ada juga permainan air banana boat dan doughnut boat di Pulau Setan. Ingin mengulik lebih dalam soal kebiasaan masyarakat atau cerita-cerita warga lokal? Bisa banget! Kalian bisa langsung datang ke Desa Kapo-Kapo untuk ngobrol bareng dengan warga di sana.

 

Cara ke Pulau Mandeh

Kawasan Mandeh sangat mudah untuk dijangkau. Dari Padang atau Bandara Internasional Minangkabau, kalian hanya perlu jalur darat untuk mencapai Pulau Mandeh. Dari bandara, kalian bisa menyewa mobil termasuk supir dan bensin mulai dari Rp550.000 dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam.

Jangan khawatir, tersedia juga opsi lain yang lebih hemat walaupun lebih lama, yaitu dengan menggunakan bus Damri menuju Kota Padang, kemudian dilanjutkan dengan angkutan umum menuju Teluk Bayur. Dari Teluk Bayur, kalian bisa melanjutkan kembali perjalanan menuju Painan, dengan pemberhentian Pasar Tarusan. Dari situ kalian perlu naik becak motor menuju Pelabuhan Carocok Tarusan. Apabila ingin menikmati jalur laut, tersedia juga kapal wisata dari Pelabuhan Kapal Muaro Padang dengan tarif berkisar Rp300.000.

Setibanya di Carocok Tarusan, kalian dapat menyewa kapal sesuai tujuan anda di kawasan Mandeh. Harga yang ditawarkan beragam, mulai Rp600.000, tergantung dari tujuan. Sistem sewa kapal menuju lokasi Pulau Mandeh ini dihitung per sekali sewa. Jadi semakin banyak yang diangkut, biaya yang dibebankan per orang akan semakin murah.

Alangkah lebih baik pejalanan dimulai sejak subuh jika berangkat dari Kota Padang / Bandara Minangkabau menggunakan transportasi umum, mengingat proses untuk berpindah dari satu transportasi ke yang lain cukup panjang. Sehingga setibanya di Pulau Mandeh kalian masih bisa menikmati keindahan wisata Mandeh.

 

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Mandeh

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat melakukan trip ke Mandeh, seperti snorkeling, diving, cliff jump, atau sekadar menikmati camping  sambil menikmati suasana alam di pulau Cubadak.

Sumber foto : phinemo.com

Kapan Sebaiknya ke Pulau Mandeh?

Letak Pulau Mandeh yang berada di teluk, membuat Pantai Mandeh ini ideal dikunjungi setiap saat. Ombaknya cenderung tenang dan cuaca cukup bersahabat. Hanya saja, jika tidak ingin basah-basahan air hujan, hindari untuk datang saat musim penghujan. Jika ingin menikmati wisata Mandeh secara maksimal, ada baiknya hindari waktu-waktu libur panjang.

 

Kuliner apa yang bisa dinikmati di Pulau Mandeh?

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Sumatera Barat adalah surga kuliner di Indonesia. Nah, berhubung letak Mandeh dekat dengan Padang, maka kamu juga akan menemui kuliner Sumatera Barat yang tentunya lezat dan menggugah selera. Memang Sumatera Barat terkenal dengan masakan rendangnya, tapi di Mandeh kamu bisa menikmati olahan rendang seafood yang dibuat dari berbagai ikan laut yang bisa ditemui di Mandeh. Kamu pasti bakal ketagihan deh setelah menikmati rendang seafood khas Mandeh.

 

 

Tips Liburan ke Mandeh

Ingin liburan ke Mandeh tapi budget terbatas? Berikut ini tips jalan-jalan ke Mandeh dengan budget minim.

  • Berburu tiket murah
  • Menentukan tanggal keberangkatan sejak 2-3 bulan sebelumnya
  • Menginap di Pulau Lokal
  • Menggunakan transportasi umum, seperti bus Damri dan bentor
  • Ikut open trip

 

Hotel/Resort Yang Sebaiknya Kamu Pilih Saat Honeymoon di Pulau Mandeh

1. Cubadak Paradiso Village

  • Bermalam di kawasan Mandeh dengan bungalow dinding kayu membuat kita semakin merasakan suasana alami asli Pulau Mandeh. Dengan fasilitas hotel bintang 3, eksostisme bangunan Cubadak Pardiso Village akan menyempurnakan honeymoon kalian selama berada di Mandeh island. Harga yang ditawarkan mulai Rp1.560.000 per orang per malam.

Sumber foto: http://bit.ly/BungalowCubadak

Sumber foto: http://bit.ly/CubadakParadise

2. Kapo-Kapo Beach Cottage

  • Masih bertemakan kayu-kayuan, Kapo-Kapo Beach Cottage menyediakan alternatif yang serupa dan lebih sederhana. Dengan harga mulai dari Rp790,000 per kamar, kalian akan disuguhi cottage dengan view laut.

Sumber foto: Airbnb

3. Baga Beach Cottage

  • Pilihan lain untuk bermalam di kawasan Mandeh yang tak kalah menarik adalah Baga Beach Cottage. Homestay nyaman setara dengan hotel bintang 1 ini menawarkan suasana khas bunyi deburan ombak yang tenang dan dikelilingi oleh pasir pantai. Membuat honeymoon kalian semakin romantis dan tak terlupakan.

Keindahan Pulau Mandeh sangat sayang untuk dilewatkan, baik bersama kerabat, keluarga, juga kekasih tersayang. Jadi tunggu apalagi, atur perjalanan mu ke Pulau Mandeh melalui trip yang telah tersedia di Wanderial.com!

Diskusi / Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *