Tips Jitu Trip ke Pahawang? Baca Ini Sebelum ke Pulau Pahawang!

Joshua HarryUltimate guideLeave a Comment

open trip pahawang

Sumber foto: blog.reservasi.com

Ingin liburan ke Sumatera? Open trip Pahawang bisa menjadi salah satu pilihan yang patut dicoba! Bingung Pulau Pahawang di mana? Ternyata Pulau Pahawang letaknya ada di Lampung, lho. Tertarik trip ke Pahawang dengan praktis atau paket Pulau Pahawang murah? Wajib banget untuk baca artikel ini!

 

Pahawang dan legenda Mpok Awang

Ternyata nama Pulau Pahawang ini ada legendanya, lho! Tidak hanya satu versi, melainkan dua. Legenda penamaan Pulau Pahawang yang pertama berasal dari sebutan nama seorang wanita sakti yang tinggal di situ pada zaman dulu. Namanya Awang dan biasa dipanggil Mpok Awang, atau singkatnya Pok Awang. Pok Awang sendiri adalah seorang keturunan Betawi-Cina yang dipercayai oleh masyarakat setempat memiliki kesaktian. Oleh karena itu, masyarakat memanggil pulau ini sama mirip seperti nama panggilan wanita tersebut. Konon di puncak bukit di Pulau Pahawang terdapat makam yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat dan dipercaya adalah makan Mpok Awang.

Versi lain menyebutkan bahwa nama Pulau Pahawang bersal dari kata Pahwang, yang dalam bahasa Lampung berarti pemberian suplai makanan dari pesisir Pesawaran menuju pulau ini. Ada yang percaya bahwa masyarakat Pulau Pahawang sendiri berasal dari Pesawaran. Untuk kebenarannya yang versi mana, belum dapat dipastikan ya!

 

Pulau Pahawang di mana dan gimana menuju Pahawang?

Pulau Pahawang di mana sih? Tentunya belum banyak yang tahu soal letak pulau cantik yang satu ini dan bertanya-tanya Pulau Pahawang di mana. Pulau Pahawang terletak Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan. Untuk kalian yang tertarik join open trip Pahawang, rute menuju ke Pulau Pahawang sebenarnya tidak beda jauh antara menggunakan perjalanan laut atau udara. “Rumusnya” adalah menuju Pelabuhan Ketapang. Untuk menuju ke Pelabuhan Ketapang, dari Bandara Radin Inten II kira-kira memakan waktu sekitar 1,5 jam dan 3 jam dari Pelabuhan Bakahueni.

Untuk melakukan trip ke Pahawang dengan praktis, dari bandara/pelabuhan kalian bisa langsung sewa mobil dengan tarif rata-rata 600ribu rupiah per hari(kalau dapat taksi, sekali jalan sekitar 200ribu rupiah dari Pelabuhan Bakahueni) dan langsung menuju ke Dermaga Ketapang. Akan tetapi jika ingin paket pulau Pahawang murah, dari Bandara Radin Inten II lebih baik keluar area bandara dan cari angkot dengan tujuan Terminal Bus Rajabasa atau jika dari Bakahueni langsung naik bus tujuan Terminal Rajabasa. Dari Terminal Rajabasa, kalian bisa pilih Bus Damri dengan jurusan Hanura/Piabung. Jangan lupa sampaikan ke kondektur bus bahwa kalian akan turun di Dermaga Ketapang. Tentunya dengan transit via terminal bus ongkos transport bisa jauh lebih murah.

Dari Dermaga Ketapang, kalian bisa menyeberang dengan kapal kayu dengan kapasitas 20-25 orang dengan ongkos per orang 20ribu rupiah. Waktu tempuh ke Pahawang sekitar 2jam dengan perahu kayu dan siapkan adrenalin kalian untuk bergoyang-goyang di atas laut Pulau Pahawang.

 

Kalau trip ke Pahawang, kira-kira bakal ngapain aja?

Kalau kalian datang sesuai jadwal acara, kalian bisa menikmati Festival Pahawang yang rutin diselenggarakan setiap tahun sejak 2016 silam. Biasanya festival ini diselenggarakan mendekati akhir tahun, yaitu sekitar bulan Oktober-November. Selain itu, yang paling diidam-idamkan oleh wisatawan adalah keindahan alam bawah lautnya di Wisata Nemo, Cukuh Bedil, Gosong Bekri, dan masih banyak lagi. Keindahannya yang masih alami dan belum begitu banyak didatangi pengunjung, membuat Pulau Pahawang menjadi salah satu tempat snorkeling yang tidak boleh dilewatkan di Lampung. Kalau kalian tidak begitu suka berselam-selam ria, jangan khawatir! Kalian tetap dapat menikmati keindahan alamnya dengan menikmati keunikan flora dan fauna hutan mangrovenya. Atau kalau ingin berbasah-basah ria tanpa harus menyelam, kalian bisa mengunjungi daerah di sekitarnya seperti Pulau Kelagian Besar, Pulau Kelagian Kecil, Pulau Balak dan Tanjung Putus.

open trip pahawang

Sumber foto: gondeztour.com

open trip derawan

Sumber foto: lampost.co

 

Tempat istirahat dan bermalam yang tak kalah berkesan

Salah satu yang menjadi daya tarik Pulau Pahawang ini adalah resort ala Maldives-nya Indonesia, Villa Andreas Resort Pulau Pahawang. Villa di atas air dengan sentuhan arsitektur khas lokal, membuat siapa saja yang singgah di sini ingin berlama-lama dan tidak ingin kembali! Atau ingin alternatif lain tapi tidak kalah mewah? Mungkin kalian bisa singgah di Bumi Pahwang Resort. Fasilitas dan view yang ditawarkan tidak kalah menarik dan juga sangat memorable.

 

open trip pahawang

Sumber foto: jumanto.com

Ada juga alternatif penginapan lain yang lebih ramah di kantong yang berada di Pahwang Besar. Area penginapan ini tersebar tiga dusun utama yaitu Dusun Pagetahan, Dusun Jelarangan dan Dusun Cukuh Nyai. Harga dibuka mulai 2jutaan dan mampu menampung hingga 40 orang!

Jika kalian senang berlibur tapi selalu rindu rumah, mungkin homestay bisa menjadi pilihan tepat! Tersedia kurang lebih 50 homestay dengan tarif mulai 600 ribuan yang bisa kalian pilih untuk beristirahat selama open trip Pahawang.

 

Jangan khawatir soal lapar!

Terdapat banyak masyarakat lokal yang menjual makanan ringan dan berat di Pulau Pahawang. Tentunya karena lokasinya yang dekat laut kebanyakan menu yang ditawarkan adalah olahan ikan-ikan laut. Ada pula makanan yang menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan, yaitu dodol mangrove yang terbuat dari olahan buah mangrove.

 

Tetap aman walaupun open trip Pahawang terpencil

Memang betul, salah satu masalah ketika terpencil adalah masalah listrik. Eits, tapi jangan khawatir karena penginapan-penginapan di Pulau Phawang sudah dilengkapi dengan sumber listrik dari genset. Jadi jangan khawatir soal listrik ya. Khawatir tiba-tiba sakit saat liburan dan penasaran Pulau Pahawang dimana Puskesmasnya? Tenang saja! Terdapat Puskesmas yang terletak di Pahawang Besar, setidaknya kalian bisa melakukan pemeriksanaan atau pengobatan sederhana saat berlibur di sana.

 

open trip pahawang

Sumber foto: mohammedputra.blogspot.com

 

Waktu terbaik untuk menikmati liburan ke Pahawang

Bulan Mei hingga Agustus merupakan waktu terbaik yang direkomendasikan untuk melakukan trip ke Pahawang. Cuaca pada bulan-bulan ini biasanya bersahabat dan ombak tidak begitu tinggi. Akan tetapi, sekitar bulan September-Desember biasanya air laut mulai pasang. Oleh karena itu banyak spot-spot menarik menjadi tidak bisa dijangkau karena tingginya ombak. Akan tetapi kembali lagi, terkadang cuaca bisa galau dan sedikit labil tidak mengikuti jadwalnya. Jadi pastikan selalu cuaca baik sebelum kalian berlibur ya!

 

Sedia payung sebelum hujan, bawa sunblock sebelum gosong!

Jangan lupa gunakan sunblock, terlebih kalau kalian memiliki kulit yang sensitif untuk menghindari iritasi kulit karena sinar matahari. Jangan lupa juga untuk membawa lotion anti nyamuk supaya istirahat lebih nyaman dan bebas dari gigitan dari nyamuk nakal. Bila perlu, bawa minuman isotonik untuk menggantikan cairan tubuh secara cepat setelah beraktivitas di bawah teriknya matahari dan yang tidak kalah penting bawa baju ganti yang cukup dan perlengkapan plus obat-obatan pribadi karena terbatasnya toko obat di Pulau Pahawang. Sehingga liburan kamu nyaman karena kalian sudah menyiapkan segalanya sebelum tiba di Pulau Pahawang.

Jadi ingin sekedar trip ke Pahawang atau paket Pulau Pahawang murah? Segera hubungi konsultan perjalanan kami dan atur perjalanan liburan mu bersama Wanderial!

Diskusi / Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *