Sebelum Menjelajah Luar Indonesia, Cari Tau Dulu Yuk Perbedaan Paspor dan Visa.

Danisa AgustrianiHow To, Passport and VisaLeave a Comment

Ada dua bekal wajib untuk kamu yang mau berpergian ke luar negeri. Yep! Paspor dan visa lah dua bekal utama kamu, di samping rencana perjalanan dan budget yang sudah mantap jangan lupa siapkan paspor dan visa. Kenapa harus paspor dan visa? Gak bisa ya pilih paspor atau visa saja? Apa sih perbedaan paspor dan visa? Nah, untuk kamu yang bertanya-tanya seputar hal tersebut dan sedang berencana membuat dua dokumen penting ini, tenang! Wanderial bakal kasih tau pengertian paspor dan visa supaya kamu gak bingung lagi membedakannya. Wanderial juga telah merangkum cara mendapatkan visa dan persyaratan membuat paspor, khusus untuk kamu.  

Kenali Paspor, si kecil berwarna “Hijau Toska”.

Paspor adalah dokumen atau surat keterangan yang dikeluarkan secara resmi oleh suatu negara (Direktorat Jenderal Imigrasi, Kemenkumham dan perwakilan RI di luar negeri) untuk setiap warga negara yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Dalam setiap paspor memuat informasi penting tentang pemegangnya, meliputi antara lain; foto, nama lengkap, tempat tanggal lahir, informasi kebangsaan dan beberapa informasi lain yang dibutuhkan. Paspor ini berisi 24 atau 48 halaman dan berlaku selama 5 tahun. Jumlah halaman ini menentukan biaya yang perlu kamu keluarkan nantinya. Nah, untuk kamu yang mau sekedar traveling ke luar negeri, paspor yang wajib kamu miliki adalah paspor dengan warna hijau toska (paspor umum).

Sumber foto: shopback.co.id

Selanjutnya, berdasarkan informasi dari website resmi imigrasi Indonesia, kini tersedia dua jenis paspor, yaitu paspor biasa dan paspor biasa elektronik alias e-paspor. Sekilas, kedua paspor terlihat sama, tetapi jika dicermati pada sampul e-paspor terdapat sebuah chip kecil. Chip tersebut menyimpan data biometrik seperti wajah dan sidik jari pemegang paspor. Disamping itu, keunggulan e-paspor ini pemilik paspor mendapatkan fasilitas Visa Waiver untuk ke Jepang. Jadi, jika paspor mu telah terdaftar dalam Visa Waiver, maka selama jangka waktu 3 tahun, kamu dapat berangkat kapan saja ke Jepang dengan syarat tidak lebih dari 15 hari, tanpa perlu mengurus visa ke kedutaan Jepang yang ada di Indonesia terlebih dahulu. Tinggal cari tiket dan berangkat deh.

Sebelum obrolin soal visa, simak dulu yuk persyaratan membuat paspor yang berlaku baik untuk paspor biasa ataupun e-paspor.

Dokumen yang wajib kamu siapkan, diantaranya:

  1. Akta kelahiran (jika tidak ada,bisa menggunakan surat nikah, ijazah terakhir, atau surat baptis asli)
  2. KK (Kartu Keluarga)
  3. E-KTP (Kartu Tanda Penduduk)

Untuk ketiga dokumen tersebut, jangan lupa menyertakan dokumen asli beserta fotocopy masing-masing dokumen ya. Jangan lupa juga siapkan materai. Setelah semua dokumen yang dibutuhkan lengkap, kamu bisa mengajukan permohonan pembuatan paspor secara manual alias datang langsung ke kantor imigrasi terdekat. Kalau kamu mau tau informasi lebih lengkap seputar cara membuat paspor, kamu bisa cek di sini.

Setelah berkenalan dengan paspor, kali ini giliran info seputar visa.

Kalau paspor sudah dikantongi, apa visa masih dibutuhkan? Tentu saja! Paspor saja belum cukup untuk modal ke luar negeri, kamu tetap butuh visa untuk bisa masuk secara legal ke negara tujuan. Visa adalah dokumen resmi dari negara yang menjadi destinasi liburanmu. Mendapatkan visa artinya kamu bisa masuk secara legal ke negara tersebut. Visa ini bisa berbentuk stiker visa atau berbentuk stempel pada paspor pada negara tertentu.

Bagaimana cara mendapatkan visa? Jadi visa ini ada dua jenis, pertama Visa on arrival, visa yang bisa didapatkan ketika seseorang telah sampai ke suatu negara. Dengan visa ini artinya kamu tidak perlu mengajukan visa ke kedutaan atau konsulat negara tujuan yang ada di Indonesia. Berbeda dengan visa pre arrival yang harus diurus terlebih dahulu di kedutaan atau konsulat negara tujuan yang ada di Indonesia. Untuk mendapatkan visa ini tentu saja syarat wajibnya adalah memiliki paspor. Jadi sebelum mendapatkan visa, pastikan kamu sudah punya paspor ya! Nah, tips untuk kamu sebelum pergi hal penting yang perlu kamu lakukan adalah cek dulu apakah negara tujuan mu merupakan negara bebas visa atau tidak, dari pada kamu beresiko tidak bisa masuk ke negara tujuan mu, setuju dong ya.

Let’s make it simple! Pengertian paspor dan visa sebenarnya sama, dua-duanya merupakan dokumen resmi yang kamu butuhkan untuk ke luar negeri, tetapi perbedaan paspor dan visa bisa kamu lihat dari lembaga yang mengeluarkannya. Jika paspor dikeluarkan oleh pemerintah negara asal, sedangkan visa dikeluarkan oleh pihak berwenang dari negara yang akan kamu kunjungi. Semoga kamu ga bingung lagi ya sekarang. Jangan lupa booking jalan-jalan bareng temen, keluarga atau pasangannya di Waderial ya. Let’s conquer the world!

3 votes

Diskusi / Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *