Pulau Cinta, Secuil Surga Indonesia di Gorontalo

Faizal FahmiUltimate guideLeave a Comment

Pulau Cinta, secuil surga di Gorontalo

Sumber foto: ohayo.co.id

Bicara tentang keindahan Indonesia memang nggak akan pernah ada habisnya. Dari keindahan pegunungan sampai pantainya, Indonesia memang kaya akan potensi wisata yang patut dikunjungi. Salah satunya adalah Pulau Cinta atau Pulo Cinta di Gorontalo.

Pulau Cinta atau masyarakat lokal menyebutnya Pulo Cinta adalah salah satu destinasi wisata yang perlu para wanderers kunjungi! Kenapa? Ya tentu saja karena keindahan lautan biru toska dan hamparan pasir putih sejauh mata memandang. Bahkan karena keindahannya, pulau Cinta dinobatkan sebagai Maldives-nya Indonesia lho! Jadi pasti akan menyenangkan buat kalian untuk menikmati pemandangan super indah dengan pasir putih ajaib, apalagi bila ditemani dengan si pujaan hati.

 

Yuk kita kenali Pulau Cinta lebih dekat lagi!

 

Asal Mula Pulau Cinta

Nama Pulau Cinta sendiri sebenarnya bukan hanya datang dari bentuk pulau yang menyerupai hati, tapi juga ada cerita menarik di balik penamaan Pulau Cinta. Konon asal mula Pulau Cinta berawal dari sebuah kisah cinta terlarang antara Pangeran di Gorontalo dengan putri seorang saudagar Belanda di era penjajahan dulu. Datang dari latar budaya yang berbeda, cinta mereka tidak direstui oleh kedua belah pihak keluarga. Keduanya pun tidak bisa bersama. Namun keduanya tidak kehabisan akal. Mereka secara sembunyi-sembunyi menjadikan pulau Cinta sebagai tempat bertemu. Nah untuk mengabadikan kisah cinta mereka itulah warga sekitar menamainya sebagai Pulau Cinta. Bagaimana wanderers? Romantis kan!

 

Letak Pulau Cinta Dimana?

Pulau Cinta di mana sih? Pulau Cinta terletak di Teluk Tomini, Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Letak Pulau Cinta sendiri berada di sebelah utara pulau Sulawesi. Pulau Cinta ini terpisah tidak begitu jauh dari Pulau Sulawesi, sehingga waktu tempuhnya cukup singkat. Dari Kabupaten Boalemo ke Pulau Cinta hanya memakan waktu 30 menit menggunakan speedboat.

 

Mengapa Memilih Liburan ke Pulau Cinta?

Pulau Cinta memiliki keindahan pantai yang sangat cantik! Dengan pasir putihnya yang indah dan laut berwarna hijau toska pasti akan membuat wanderers betah berpetualang di sana. Terlebih lagi kalian bisa menghabiskan waktu berdua bersama pasangan sambil menanti matahari tenggelam.

Masih nggak yakin liburan ke pulau Cinta? Yuk baca alasan dari kami kenapa pulau Cinta wajib jadi destinasi wisata kamu!

 

 

Aktivitas yang Bisa Kamu Lakukan di Pulau Cinta

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat melakukan trip ke Pulau Cinta, seperti snorkeling, diving, hopping island, jelajah hutan atau sekadar menikmati birunya laut ketika matahari terbenam.

  1. Hopping island

Ini nih yang wajib wanderers coba selama di Pulau Cinta. Dari Teluk Tomini bermodal perahu, kamu bisa mengelilingi pulau-pulau indah hanya dalam waktu sekitar 1 jam saja loh! Berawal dari Teluk Tomini kamu bisa berkeliling ke Pulau Bajo dan Pulau Lito Mohupompo Kiki yang tak kalah indah. Dan tentunya bukan hanya dua pulau itu saja yang bisa kamu jelajahi, masih banyak lagi pulau-pulau cantik lain yang bisa kamu jelajahi selama hopping island di sana!

  1. Snorkeling dan Diving

Mungkin ini memang terlihat biasa, karena kebanyakan wisata pulau selalu menawarkan snorkeling dan diving. Tapi yang membuat snorkeling dan diving di Pulau Cinta begitu spesial adalah airnya yang jernih sehingga kamu bisa melihat pemandangan bawah laut dengan lebih jelas. Selain itu juga karena perairan di sana masih termasuk dangkal, kamu tidak perlu menyelam dalam-dalam untuk menikmati pemandangan bawah laut yang indah. Cukup menyelam 2-3 meter di bawah permukaan air kamu sudah bisa berinteraksi dengan penghuni bawah laut loh. Pasti penasaran kan?

  1. Jelajah Hutan Pesisir Boalemo

Jika wanderers ingin mencari pengalaman berbeda, cobalah untuk menjelajahi hutan di pesisir Boalemo. Kamu bisa menjelajahi hutan mangrove dengan perahu, sebuah pengalaman yang tentunya tidak bisa kita temui di perkotaan yang padat. Selain hutan mangrove, di pesisir Boalemo sendiri terdapat hutan tropis yang menarik untuk dijelajahi. Selain udaranya yang adem kamu bakal disapa dengan keramahan yang hangat dari para penduduk setempat di sana.

 

Rekomendasi Resort di Pulau Cinta

Liburan ke Pulau Cinta terasa kurang lengkap bila kamu tidak menginap di Pulo Cinta eco resort — apalagi bagi para pasangan pengantin baru yang ingin menikmati romantisnya sebuah sweet escape yang jauh dari hiruk pikuk kota. Pulo Cinta Eco Resort, penginapan yang tidak hanya menawarkan panorama menakjubkan, letak bangunan resort ini berada di atas air laut dengan konsep diambil dari bentuk rumah adat di daerah Boalemo. Karena bangunannya berada di atas air laut, hal ini memungkinkan kamu tidur ditemani suara deburan ombak yang merdu. Untuk kamu yang berencana pergi honeymoon di sini pas banget menambah keromantisan kamu dan pasangan!

Oh iya ada tambahan informasi nih wanderers, karena letaknya di atas air laut, jadi stok air terbatas. Kalau kamu menginap di sana, pastikan kamu menghemat kebutuhan air ya!

 

Cara ke Pulau Cinta

Sudah tertarik menjadikan Pulau Cinta sebagai salah satu destinasi wisata kamu? Sebenarnya untuk menuju ke Pulau Cinta bisa dibilang cukup mudah. Kamu cukup terbang dari kota asal ke Gorontalo. Dari Bandara Jalalludin, kamu menuju ke Kecamatan Tilamuta yang berada di Kabupaten Boalemo melalui jalur darat. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 2 jam. Sesampainya di sana, kamu cukup menyebrang dengan speedboat sekitar 30 menit. Tidak begitu susah kan? Oh iya, apalagi bagi kamu yang ada di Jakarta, penerbangan dari Jakarta ke Gorontalo sendiri tersedia hamper setiap hari. Ada sekitar 30 penerbangan ke Gorontalo dari Jakarta dengan berbagai macam maskapai pesawat.

 

Tips Liburan ke Pulau Cinta

Sebelum kamu dan pasangan meluncur ke Pulau Cinta, kami bakal memberikan tips buat kalian semua sebelum ke sana!

  • Berburu tiket murah
  • Menentukan tanggal keberangkatan sejak 2-3 bulan sebelumnya
  • Pastikan pergi tidak di musim hujan

Salah satu tips penting lainnya sebelum kamu berlibur adalah memastikan kamu memilih paket wisata yang aman. Sudah banyak kasus penipuan yang mengatasnamakan paket wisata. Jadi pastikan dulu kamu sudah memilih paket wisata dari pihak travel yang bertanggung jawab agar kamu tidak terlantar sesampainya di sana!

Nah, bagi kamu pasangan pengantin baru yang ingin honeymoon, kamu bisa cek paket hemat honeymoon di Pulau Cinta pada link berikut ini.

0 votes

Diskusi / Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *