Pesona Lima Pantai Jogja yang Nggak Bakal Terlupa

Putri AndhikaDestination, ReportsLeave a Comment

Sumber Foto: c.mi.com

Aroma laut, seafood, pasir, sunset, tebing, debur ombak, dan jingga di batas cakrawala tidak pernah mampu menggeser segala kenangan yang tercipta kala itu. Yogyakarta sebagai kota wisata, ia pun memiliki banyak pantai yang memikat, tetapi seringkali waktu tidak berpihak pada kita untuk menjejak di setiap pantai yang ada. Maka dari itu, kami telah menyiapkan gambaran lima pantai yang mampu memberikan kenangan terbaik untuk liburanmu di kawasan wisata pantai di kabupaten Gunung Kidul ini. Simak yuk!

Pantai Indrayanti

Pantai yang terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul ini ternyata punya nama lain yang secara resmi diakui pemerintah yaitu Pantai Pulang Sawal. Nama Indrayanti sendiri bukan merupakan nama resmi, namun para wisatawan lebih mengenal Pantai Indrayanti yang diambil dari sebuah restoran yang berada di pantai tersebut. Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke pantai ini adalah sekitar 70 km dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam. Lama perjalanan itu tentu setimpal dengan apa yang bakal kamu dapat di Pantai Indrayanti ini.

Pantai Indrayanti ini terkenal banget dengan pesona alam tebing karang yang menjadi batasnya dan pasir putih yang membuat pantai ini juga dikenal mirip dengan pantai di Bali. Waktu terbaik pun ada pada saat sunset. Tak jarang para wisatawan mengabadikan momen terbaik mereka saat itu. Berpose dengan teman, candid saat bermain air, berlarian dengan layangan kesayangan menjadikan, atau bahkan hanya duduk berdua dengan sang terkasih akan terasa sangat menyenangkan. Ketika malam tiba, ada gazebo menghadap ke pantai yang memantulkan kemilau cahaya bulan. Semua itu makin bikin susah buat nggak balik ke sini lagi.

Sumber Foto: lookjogja.blogspot.com

Pantai Slili

Masih satu kecamatan dengan Pantai Indrayanti, jaraknya hanya 2 km menuju Pantai Slili. Pesona yang ditawarkan oleh pantai ini adalah keindahan bawah air lautnya, juga ombak yang besar. Yap, di pantai ini kamu bisa melakukan aktivitas snorkeling seharga Rp 35.000, atau melakukan selancar air bersama ombak yang menggulung indah di pantainya. Namun apabila kamu tidak menyukai aktivitas dengan air laut, maka kamu bisa mengambil kamera untuk hunting foto di berbagai sudut indah yang tidak kalah menarik dengan yang ada di Indrayanti atau sekadar menikmati makanan di warung-warung sekitar.

Di pantai yang juga disebut Pantai Watu Lawang ini, ada banyak pilihan makanan hasil laut yang pastinya sangat lezat dinikmati sambil melihat pemandangan air laut serta kesenangan orang-orang bermain di sana. Jika dibandingkan dengan pantai lain, Pantai Slili bernuansa lebih tenang, sehingga sangat cocok pula buat kamu yang cinta ketenangan sambil sayup-sayup mendengarkan suara ombak.

Sumber Foto: pxhere.com

Pantai Sepanjang

Sesuai dengan namanya, Pantai Sepanjang merupakan pantai dengan garis pantai terpanjang. Sudah pasti puas kalau kamu adalah tipe orang yang suka menyusuri garis pantai, melangkah di atas pasir yang putih nan lembut. Tak jarang pula orang menyebutnya Pantai Kutanya Gunung Kidul. Sekitar enam kilometer dari Pantai Slili, kamu bisa menemukan Pantai Sepanjang ini dan disambut gerbang dengan sebuah tugu yang besar dan menarik.

Nilai plus dari pantai ini adalah garis pantainya yang panjang sehingga cocok banget buat mengadakan acara di sini. Mau siang atau malam hari, debur ombak yang menggulung di bibir pantai selalu menjadi ciri khas tersendiri sambil ditemani udang goreng dengan sambal bawang. Tidak lupa juga dengan souvenir yang bisa kamu beli dari toko-toko milik warga sekitar.

Sumber Foto: pxhere.com

Pantai Baron

Sepuluh kilometer dari Pantai Indrayanti, Pantai Baron menjadi pantai pertama yang kamu lewati ketika memilih jalur tempuh melalui Jalur Lintas Selatan (JLS). Jika Pantai Indrayanti memiliki tebing yang mengapitnya, Pantai Baron memiliki sungai air tawar yang terletak di sebelah Barat Pantai Baron yang langsung mengalir ke arah laut. Aliran sungai ini merupakan mata air dari Gunung Sewu. Tidak ada salahnya jika kamu ingin main-main ke sungai itu dan menikmati pemandangan alam di sekitarnya. Ada pula bukit yang bisa kamu datangi untuk melihat sisi lain pemandangan Pantai Baron yang indah ini.

Nama Pantai Baron diambil dari nama seorang bangsawan asal Belanda yang kabarnya mendaratkan kapalnya di pantai selatan dan ternyata memiliki ilmu kesaktian tinggi. Pantai ini berbentuk cekungan layaknya huru ‘U’, dan diapit oleh barisan karang di kedua sisinya. Nuansanya yang asri bakal ngebuat koleksi fotomu di pantai ini semakin bagus deh!

Sumber Foto: pantainesia.com

Keempat pantai ini berada di kawasan wisata pantai Gunung Kidul membentang berturut-turut dari arah Timur ke Barat yaitu Pantai Indrayanti, Pantai Slili, Pantai Sepanjang, Pantai Baron dan menawarkan eksotisme yang berbeda-beda. Tiket masuk untuk ke tempat ini pun hanya sekali bayar saja, yaitu Rp 15.000 per orang, dengan tambahan biaya parkir juga jalanan yang dilalui sudah bagus, dan semua pantai bersih bebas sampah. Tiket parkir pun relatif murah dengan rincian:

  • Sepeda motor: Rp 4.000
  • Mobil: Rp 15.000

Untuk keperluan lain yang mungkin dibutuhkan, berikut rincian harganya:

  • Payung pantai: Rp 20.000
  • Gazebo: Rp 30.000
  • Toilet untuk ganti baju: Rp 2.000
  • Toilet untuk buang air dan mandi: Rp 5.000
  • Kuliner: Mulai dari Rp 10.000 sampai ratusan ribu rupiah

So, pantai mana yang bakal kamu kunjungi pertama kali wanderers? Nah, kalau kalian bingung dengan biaya atau rencana liburan ke Jogja, kamu bisa ikut open trip ke Jogja bersama Wanderial loh! Untuk informasi lebih lanjut bisa cek di sini.

0 votes

Diskusi / Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *