Persiapan Traveling yang Harus Kita Lakukan Sebelum Berlibur

Natasya DevanandaHow To, Stories

Traveling merupakan hal yang perlu dilakukan sesekali. Terkadang, jika saya sedang jenuh dan lelah dengan urusan pekerjaan dan kuliah, pasti hal yang pertama kali ada di pikiran adalah “Duh, pengen banget liburan…” Saya adalah tipikal orang yang selalu melakukan persiapan traveling sebelum berlibur karena saya adalah orang yang perfeksionis dan suka jika segalanya tertata. Nah, berikut beberapa persiapan traveling yang biasanya saya lakukan.

Riset Tujuan Liburan

Biasanya jika sudah menemukan tujuan traveling entah itu pergi sendiri atau bersama teman saya selalu melakukan riset segera. Mulai dari tiket pesawat/kereta, penginapan, must visit places, dan tentunya tempat yang sedang menjadi tren di daerah tersebut. Untuk tiket pesawat/kereta, biasanya saya selalu cek di situs-situs semacam Traveloka, Skyscanner, dan Tiket. Bahkan jika kurang puas saya akan langsung mengunjungi situs maskapai atau situs KAI untuk membandingkan harga. Tidak lupa saya juga untuk menyusup ke grup-grup penggila traveling hanya untuk melihat promo yang sedang berlangsung untuk menghemat budget. Dan tidak lupa juga men-subscribe situs-situs yang menjual tiket, hotel, serta paket perjalanan untuk mencari promo dan diskon.

Sumber foto : Palomar

Saat menentukan tujuan liburan, saya juga selalu membaca berbagai macam review dari berbagai cafe, restoran, hotel atau objek wisata yang ingin dituju. Untuk objek wisata, saya biasa melihat di Tripadvisor, karena di situ saya bisa melihat berbagai review dari orang yang berbeda. Setelah itu saya akan mengunjungi blog-blog pribadi para travel blogger.

Sedangkan untuk cafe ataupun restoran, saya paling senang mencari rekomendasi di Instagram. Selain karena banyak account yang merekomendasikan berbagai macam cafe atau restoran dengan review beserta harga, secara visual saya merasa sangat puas dan jadi makin kepingin untuk cepat-cepat pergi liburan.

Nah, opsi lain selain Instagram saya kadang iseng membuka-buka situs Qraved atau Zomato untuk melihat berbagai review sampai menu restoran.

Hal-hal tersebut menurut saya sangat penting karena saya jadi tahu harus menyiapkan budget berapa banyak untuk liburan saya, dan saya bisa menentukan ke mana saja saya akan berkunjung di liburan saya.

Membuat Itinerary Sebagai Persiapan Traveling

Membuat itinerary akan membuat perjalanan kita jauh lebih efisien dan tertata. Biasanya setelah melakukan riset tempat yang ingin dikunjungi, saya langsung membuat itinerary di Travefy, atau sekedar menulis di notes handphone atau notebook.

Saat membuat itinerary, saya pun tidak asal menempatkan tujuan. Saya menggunakan Google Maps untuk tahu letak tempat yang ingin saya tuju, dan membuat itinerary saya sedemikan rupa agar waktu saya tidak saya habiskan di jalan. Karena enaknya teknologi jaman sekarang kita sudah bisa mengecek jarak, waktu tempuh, dan memutuskan lama waktu untuk singgah di tempat tersebut.

Saya sendiri pernah traveling dengan itinerary dan traveling tanpa membuat itinerary terlebih dulu. Tanpa itinerary, waktu liburan saya terasa terbuang karena bingung menentukan tempat yang ingin dituju. Sementara, dengan itinerary liburan saya jauh lebih tertata, dan saya bisa mengunjungi berbagai tempat yang berbeda.

Packing Beberapa Hari Sebelum Keberangkatan

You’ll never know what’s going to happen the day before your trip. Jadi lebih baik prepared dari pada melakukan sesuatu secara mendadak, apalagi packing. Jika kita packing secara mendadak, pasti akan ada saja barang bawaan yang terlupakan. Untuk menghindari barang bawaan yang tertinggal, kita juga bisa membuat checklist barang bawaan, tapi jika kita malas membuatnya, biasanya saya menggunakan Pinterest untuk berbagai ide checklist barang bawaan.

Sumber foto : pixshark.com

Di Pinterest kita juga bisa mendapatkan berbagai tips packing yang sangat berguna. Karena beberapa kali saya menemukan tips yang lebih efisien untuk memanfaatkan koper yang hanya seukuran bagasi supaya bisa muat lebih banyak barang.

Prinsip saya, lebih baik jika packing minimal 2 hari sebelum liburan. It’s better to be safe than sorry.

Simpan Uang Cash di Tempat Tersembunyi

Menyimpan extra cash menurut saya sangat lah penting saat pergi berlibur. Saat liburan mungkin memang bisa menggunakan kartu kredit atau mengambil uang di ATM jika uang habis. Tapi apa yang akan kita lakukan jika tidak bisa menggunakan kartu kredit atau mesin ATM sedang rusak? Atau tahu-tahu kita terdampar ke tempat terpencil karena pilot salah mendaratkan pesawat?

Biasanya saya meletakkan extra cash di dalam amplop, lalu dimasukkan ke dalam koper atau tas yang saya bawa. Kadang saya  juga untuk meletakkan extra cash di dalam sepatu yang sedang tidak dipakai. Hal tersebut saya lakukan sebagai antisipasi, karena tidak ada yang tahu jika nanti perjalanan liburan saya berjalan lancar atau tidak.

Itu dia sekiranya beberapa persiapan traveling yang saya lakukan sebelum berlibur. Hal-hal tersebut merupakan hal yang cukup krusial dan bisa membuat perjalanan kita akan lebih lancar dan menyenangkan! Happy Travelling!

Diskusi / Komentar