Pengen Ngerasain Nikmatnya Makanan Khas Asia? Yuk Jalan Jalan Ke 6 Destinasi Liburan Ini!

Juvincent HandratasyaStories

kuliner asia

Hai Wanderers! Kalau sedang bicara soal jalan jalan ke Asia, pastinya kamu nggak bakal melewatkan topik tentang kuliner. Kamu bakal mencari negara mana yang mempunyai makanan khas yang enak. Masalahnya, kamu juga bakal kebingungan makanan khas Asia mana yang sesuai dengan lidahmu. Jangan khawatir, karena 6 destinasi liburan ini memiliki cita rasa yang berbeda-beda. Dijamin kamu bakal meneteskan liurmu setelah melihatnya.

1. Jepang, Kuliner Asia Terbaik

kuliner asiaKemajuan negara Matahari terbit ini berasal dari kebudayaannya yang telah lama melekat ke setiap penduduknya. Tidak hanya itu, kemajuan Jepang juga bisa dilihat dari setiap bidang mulai dari teknologi, pariwisata, hingga makanan khas yang menjadi kuliner Asia terbaik sepanjang masa. Tidak heran jika banyak orang yang ingin belajar masak di sana dan kemudian membuka cabang makanan khas Jepang di negara asalnya.

Kamu bisa memulai kulinermu dengan mencicipi street food ataupun makanan yang ada di restoran. Berbagai jenis makanan mulai dari main dish, dessert, hingga cemilan, semuanya sama-sama menarik. Untuk main dish yang kamu bisa coba seperti Sushi, Ramen, Okonomiyaki, Teriyaki, Gyoza, Teppanyaki dan Gyudon. Sedangkan untuk cemilan atau dessert, kamu bisa mencoba Matsutake, Mochi, Takoyaki, Dorayaki, Dango, dan masih banyak lagi.

 

2. Kuliner Bangkok Khusus Low Budget

kuliner bangkokPariwisata Thailand tidak hanya terletak pada pantai Phuket saja. Jika kamu jalan jalan ke ibu kotanya di Bangkok, kamu akan merasa seperti tidak ada habisnya untuk berbelanja mulai dari fashion hingga kuliner. Di sana, kamu bisa menemukan banyak jajanan kaki lima yang siap memanjakan lidah. Ditambah dengan harganya yang sangat murah, kuliner bangkok menjadi rekomendasi buat kamu yang ingin menikmati wisata kuliner dengan low budget.

Jajanan pinggiran Bangkok yang wajib kamu coba adalah Mango Sticky Rice atau Nasi Ketan Mangga. Kamu cukup membayar sektiar 30 baht atau sekitar 12 ribu rupiah untuk menikmati nasi ketan yang dilengkapi buah mangga, kemudian disiram saus santan gurih dan ditaburi biji wijen.

Selain itu, bagi kamu yang menyukai asam, kamu bisa mencoba sup Tom Yam yang sudah menjadi makanan andalan khas Thailand. Sedangkan untuk kamu yang suka manis, kamu bisa mencoba berbagai jajanan barbeque yang sudah menjamur di mana-mana. Untuk minuman yang patut kamu coba tentunya Thai Tea asli dari negaranya dong!

3. Keanekaragaman Makanan Khas Asia Di Singapore

makanan khas asiaKuliner di negara satu ini bisa dibilang berbeda dari yang lainnya. Di Singapura, makanan yang dijual merupakan perpaduan antara makanan khas Melayu, China, dan India. Karena perpaduan tersebut yang membuat Singapura memiliki cita rasa yang beragam, dengan makanan khas asia yang juga didasari oleh keberagaman budaya masyarakatnya.

Beragam makanan khas bisa kamu temui diberbagai street food yang ada di sana. Mulai dari yang paling terkenal, yaitu Newton Food Center terletak di dekat Orchard Road yang merupakan daerah metropolitan. Untuk makanan yang recommended mulai dari Bubur Kodok, Hainan Chicken Rice, dan Bak Kut Teh. Namun bagi kamu yang muslim, kamu bisa coba makanan halal seperti Chili Crab atau Kepiting Cabe dan Kari Laksa yang bakal menggiurkan lidah.

Tidak hanya itu, di sana juga terdapat banyak cafe-cafe pinggiran untuk para penikmat kopi, dengan konsepnya yang Instragamable loh!

4. Destinasi Liburan Di Shilin Night Market, Taipei

destinasi liburanMungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan restoran Shihlin dan minuman Chatime yang tersebar di mana-mana di Indonesia. Faktanya, memang kedua franchise tersebut berasal dari negara Taiwan yang terkenal akan night marketnya, yaitu Shilin Night Market. Pasar malam Shilin menjadi destinasi liburan yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke Taipei.

Ketika mengunjungi tempat ini, kamu akan melihat gerobak-gerobak yang menjajal berbagai cemilan menggiurkan. Seperti menu panggangan mulai dari cumi, ayam, babi, dan sosis. Ada pun Stinky Tofu legendaris yang memiliki aroma menyengat di hidung tapi sangat enak di lidah.

Minuman di sana juga sangat recomended, terutama buat kamu yang sering membeli Chatime. Mulai dari es tebu, herbal tea, milk tea, dan berbagai minuman yang dipadu dengan bubble.

5. Jalan Jalan Ke Bandung, Kuliner Terbaik Di Indonesia

jalan jalan keMau wisata kuliner tapi tidak mau terlalu jauh? Tenang, Bandung bisa menjadi opsi kuliner-mu, karena di sana kamu tidak perlu repot lagi soal penukaran mata uang, komunikasi, hingga transportasi. Bandung telah menjadi kota yang paling banyak dikunjungi wisatawan mau lokal ataupun mancanegara. Di Bandung, berbagai macam kuliner kaki lima bisa kamu nikmati hanya dengan mengeluarkan tidak lebih dari 20 ribu rupiah.

Kamu bisa mengelilingi satu kota ini untuk mencoba satu per satu makanan yang ada di sana. Cobalah untuk melirik makanan yang dijual di gerobak-gerobak seperti Siomay Bandung, Batagor, Mie Kocok, Seblak, dan berbagai macam kuliner yang patut kamu coba. Karena cuaca di sana lebih sejuk dibandingkan kota lain yang ada di Jawa, Bandung juga menjadi kota yang cocok untuk para penikmat kopi. Tidak heran kalau di sana terdapat banyak cafe-cafe unik dengan kopinya yang nikmat.

6. Satu Lagi Kuliner Asia Di Phnom Penh, Kamboja

kuliner asiaKamboja tidak hanya terkenal akan pariwisata bersejarahnya saja, namun juga makanan khasnya. Jika kamu berkunjung ke Phnom Penh, kamu wajib singgah ke beberapa pasar lokal Kamboja terutama di Central Market dan Russian Market. Kamu akan menemukan beragam makanan yang aneh-aneh di sana, mulai dari kodok panggang, ular panggang hingga tarantula goreng!

Namun, kamu tidak perlu merasa jijik untuk berkunjung ke sana karena di Phnom Penh masih banyak makanan normal yang tidak kalah enak dari makanan khas asia lainnya. Sebut saja Fish Amok, menu ikan yang dimasak menggunakan kuah kari santan, dibalut dengan daun pisang kemudian dikukus dan disantap bersama nasi. Untuk menu lainnya seperti Nom Banchok, Babar, Ansom Chek, dan Kari Merah Khmer bisa kamu coba diberbagai restoran atau kaki lima.

Keseruan mengunjungi Phnom Penh tidak hanya berhenti di situ. Setelah menikmati berbagai macam kuliner yang enak, kamu juga bisa sekaligus mengunjungi berbagai spot sejarah yang memilukan seperti saksi bisu korban genosida khmer rouge di Tuol Sleng dan Choeung Ek. Ada juga aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sana seperti latihan menembak di lapangan outdoor. Tentu bukan pengalaman biasa loh! Kebetulan Wanderial sedang menyediakan paket open trip buat ke sana, jika kamu penasaran bisa klik di sini.

Nah, itulah 6 destinasi liburan untuk wisata kuliner Asia-mu. Selain kuliner, keenam negara tersebut juga memiliki berbagai aktivitas yang dijamin bakal menambah semangat liburanmu. Tergoda buat ke sana kan?

Diskusi / Komentar