Melintasi Kota Jogja dengan Jogjabike

Anisa CahyaniNewsLeave a Comment

Jogjabike, bersepeda keliling Jogja gratis

Yogyakarta, Wanderial.com (6/1/2019) – Bagaimana rasanya menyusuri sudut-sudut Kota Jogja dengan bersepeda? Bagi kamu yang sedang berada di kawasan Malioboro, kamu dapat mencoba sensasi melintasi Kota Jogja dengan Jogjabike lho, Wanderers! Apa sih Jogjabike itu?

Sesuai dengan namanya, Jogjabike merupakan mode transportasi sepeda berbasis daring yang mulai diperkenalkan ke publik sejak akhir Oktober 2018. Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, dalam kutipan travel.kompas.com mengatakan, kehadiran Jogjabike berbentuk sepeda onthel ini sebagai alternatif bagi wisatawan untuk menikmati Malioboro dengan bersepeda. Jogjabike juga menjadi salah satu wujud Pemkot Yogyakarta dalam menerapkan Kota Smart City. “Semangat Smart City adalah keinginan Pemkot Yogyakarta memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat melalui teknologi,” ujar Haryadi dalam wawancaranya bersama timesindonesia.co.id.

cara mudah pakai Jogjabike

cara mudah pakai Jogjabike

Selain mendukung Pemkot Yogyakarta dalam penerapan Smart City dan Green City, keberadaan layanan ini menurut Muhammad Aditya selaku founder Jogjabike, membuat wisatawan lebih leluasa menikmati Jogja yang tidak bisa diakses oleh kendaraan lain seperti mobil dan andong. “Wisatawan dengan mudah masuk dan keluar ke kampung-kampung wisata. Jadi lebih fleksibel,” ujar Adit dalam wawancaranya bersama harianjogja.com. Antusiasme masyarakat cukup tinggi, mengingat layanan Jogjabike telah dimanfaatkan oleh sekitar 4.000 pengguna dalam waktu kurang dari tiga bulan setelah diluncurkan.

Penggunaannya yang mudah menjadi salah satu faktor tingginya minat masyarakat dalam memanfaatkan layanan ini. Enrika Yumna, salah satu pengguna Jogjabike menuturkan, instruksi yang terdapat di dalam aplikasi sangat membantu pengguna layanan. “Caranya gampang banget. Tinggal download aplikasi di playstore terus bikin akun. Langsung dateng ke shelternya dan scan barcode yang ada di sepeda yang mau dipake, nanti tinggal tarik aja sepedanya,” ujar Enrika. Ia mengetahui layanan Jogjabike dari teman lalu mencari infonya lewat jejaring sosial.

lokasi jogjabike

lokasi Jogjabike

Tak hanya bagi wisatawan yang kebetulan sedang berada di Kota Jogja, beberapa pengguna pun berasal dari warga sekitar yang sengaja mendatangi shelter guna menikmati keindahan Jogja dengan bersepeda. Dua diantaranya yaitu Heri Riskianto dan Adi Bowo Laksono yang berasal dari Bantul. “Aku pengin coba aja rasanya nyepeda di Malioboro gitu, yang macet tapi masih bisa-bisanya nyepeda, dan emang enak naiknya haha,” ungkap Heri. Ia sendiri sudah menggunakan Jogjabike sebanyak dua kali sekitar bulan November lalu. Bowo mengatakan bahwa Jogjabike adalah layanan transportasi alternatif yang murah sekaligus wadah masyarakat untuk berolahraga. “Aku tadi cuma modal aplikasi hp aja, dan masih gratis layanannya,” kata Bowo.

Aplikasi Jogjabike dapat ditemukan dengan nama InaBike di Playstore karena berintegrasi dengan layanan sepeda serupa di Bali. Kamu dapat menggunakan layanan ini secara cuma-cuma di bulan Januari dengan memanfaatkan promo Januari Free Rides 2019 mulai pukul 06.00 – 21.00 WIB. Yuk, bersepeda keliling kota! (ANN)

 

2 votes

Diskusi / Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *