Mau Wisata ke Derawan? Berapa Sih Biaya Wisata Pulau Derawan?

Nunggal SeraBudget and ItineraryLeave a Comment

via: javaindoecotourism

 

Indonesia memang kaya akan segudang wilayah untuk dijelajahi buat para travelers, salah satunya Kepulauan Derawan. Wisata Pulau Derawan menjadi hal yang wajib dilakukan kalau kalian penyuka wisata air karena ekosistem pesisirnya yang menakjubkan, misalnya saja terumbu karang, padang lamun, hutan bakau alias mangrove, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya yang oke punya. Yuk, intip apa saja yang harus kalian lakukan sebelum melakukan wisata ke Derawan, termasuk estimasi biayanya.

 

Hal-hal yang Wajib Diketahui untuk Menghitung Biaya Wisata ke Derawan

Pertama, kalau kalian memang ingin mengunjungi Derawan, pastikan untuk tidak ke sana pada bulan Agustus dikarenakan aktivitas ombak yang tergolong tinggi. Kepulauan Derawan dikelilingi oleh perairan yang untuk mencapai semua titik wisatanya wajib memperhatikan elemen cuaca demi alasan keamanan. Sayangnya, pada bulan-bulan selain Agustus, wisata Pulau Derawan akan mengalami peak season, hingga dapat dipastikan biaya transportasi serta akomodasi akan lebih menggembung. Selain itu, kalau kalian mencari waktu di mana tidak terlalu banyak orang, peak season bukan jawaban tepat.

Tapi tenang, untuk urusan harga akomodasi dan transportasi, khususnya yang memilih menggunakan jalur udara, penggembungan estimasi biaya bisa diatasi dengan cara memesan tiket jauh-jauh hari sebelumnya. Untuk urusan penginapan, kamu juga bisa memesan lebih awal. Tapi, jangan khawatir. Harga penginapan di Pulau Derawan cukup terjangkau, dimulai dari Rp 100 ribu per malam. Atau, kalau kamu lebih memilih tinggal di homestay, maka kamu cukup merogoh kocek mulai dari Rp 250 ribu.

Jangan lupa, rencanakan perjalanan kamu sedari awal. Apapun yang dilakukan secara mendadak hasilnya tidak akan sebagus itinerary yang sudah tersusun rapi!

Selanjutnya, pemilihan rute. Ada berbagai rute yang bisa ditempuh untuk mencapai Kepulauan Derawan.

Kalau kamu tinggal di Balikpapan, atau kota di Kalimantan Timur lainnya, biasanya perjalanan darat menjadi pilihan. Kamu cukup mencari transportasi yang bisa mengantar sampai Tanjung Redeb, Berau. Biaya travel ke Berau dibanderol sekitar Rp 300 ribu. Selanjutnya, kalian bisa menggunakan travel lagi ke Tanjung Batu dengan merogoh kocek kira-kira Rp 100 ribu. Terakhir, dengan diantar speedboat yang biasanya memakan biaya Rp 100 ribu, kalian sudah bisa sampai di Pulau Derawan. Kalau ditotal, budget perjalanan darat ini kira-kira mencapai Rp 500 ribu.

Kalau kamu memilih menggunakan jalur udara, maka ada baiknya memperhatikan fluktuasi harga tiket di pasaran. Ada dua rute yang bisa ditempuh untuk mencapai Berau, sebelum benar-benar menyentuh Pulau Derawan; rute pertama, dari tempat tinggal kamu lalu ke Berau via Tarakan, atau dari tempat tinggal kamu ke Balikpapan baru Berau. Akan lebih mudah bila kamu memilih via Tarakan, tetapi, tentu saja, biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih besar. Kami menyarankan kamu menempuh rute Balikpapan-Berau. Nantinya, setelah sampai di Berau, kamu bisa langsung mencari travel untuk ke Pelabuhan Tanjung Batu dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam. Tarifnya kira-kira Rp 125 ribu atau Rp 600 ribu per mobil seandainya kalian pergi beramai-ramai.

Terakhir, untuk mendapatkan liburan dengan budget minimal, lama waktu tentu mempengaruhi. Idealnya, wisata pulau Derawan dihabiskan dalam waktu 3 hari 2 malam.

 

via: Disbudpar Berau

 

Apa Saja yang Bisa Dilakukan Saat Wisata ke Derawan?

Kepulauan Derawan terkenal dengan ekosistem airnya yang menakjubkan, juga keindahan yang disimpan oleh pulau-pulau di sekitarnya. Dimulai dari Pulau Derawan, kamu bisa berkeliling pulau dengan naik sepeda dan menikmati keindahan pasir putihnya. Kalau kalian lebih senang mengintip perairan di sekitar pulau, maka jalan-jalan menaiki speedboat bisa jadi pilihan. Hanya saja, tentu akan butuh merogoh kocek sekali lagi untuk itu. Wisata di Derawan tidak akan lengkap tanpa kegiatan menyelam ke dasar air. Di sana, kalian bisa melihat penyu berukuran besar dan juga hiu tutul, lho! Sunset-nya juga tidak kalah menakjubkan.

Beranjak ke Pulau Sangalaki, kalian bisa diving di Manta Point untuk merasakan sensasi berenang bersama ikan pari manta atau Manta Ray yang terkenal, mengikuti liukan penyu hijau, bahkan penyu sisik di perairan Sangalaki. Di daratannya, kalian bisa berkunjung ke penangkaran penyu untuk bermain dengan tukik.

Pulau Kakaban terkenal dengan keunikannya akan stingless jellyfish. Di sana, ada danau besar yang indah tempat kita bisa berenang sekaligus snorkeling bersama ubur-ubur yang tidak menyengat. Seratus persen aman!

Tak cuma Pulo Cinta di Gorontalo yang jadi Maladewa versi Indonesia, Kepulauan Derawan juga punya Pulau Maratua yang ikut disebut-sebut sebagai Indonesian Maldives dengan pasir putih, lautannya yang biru jernih, serta resort yang berada di atas lautan. Tentu saja, harganya jauh lebih murah dibanding kalau kita pergi ke Maladewa. Bisa nih dijadikan alternatif buat kalian yang ingin mencicipi liburan ala Maladewa dengan budget miring.

Kalau kalian masih punya waktu lebih, tidak ada salahnya menggeret speedboat ke Kecamatan Biduk-biduk, masih di Berau juga. Di sana, ada Danau Labuan Cermin yang terkenal dengan perairan jernihnya yang ibarat cermin. Perahu pun serasa melayang tidak mengapung di atas air kalau di sana! Selain foto-foto, kalian juga bisa snorkeling dan menikmati keindahan dasar danau. Jangan lupa, kalau ingin mendapatkan bidikan gambar yang ciamik, datanglah ketika siang bolong supaya pantulan sinar matahari maksimal menyorot area dasar danau.

 

via: aliyamuafa

Apa yang Harus Kamu Lakukan Setelah Tahu Estimasi Biaya Wisata Pulau Derawan?

Yang paling penting adalah siapkan budget yang cukup. Meski terhitung cukup murah untuk wisata air dengan keindahan menakjubkan yang bisa bikin Instagram-mu makin ciamik, wisata Pulau Derawan akan lebih terjangkau bila kamu melakukannya dengan group trip atau open trip. Biaya sewa mobil terhitung lebih murah daripada biaya menaiki travel per orang. Selain itu, biaya speedboat juga akan lebih murah bila kita langsung menyewanya saja daripada khusus menaiki tiap kali hendak pergi ke pulau-pulau kecil di sekitaran Kepulauan Derawan. Cost ini tentunya akan lebih ringan saat dibagi dengan anggota perjalanan kita daripada ditanggung sendirian.

Menentukan tanggal keberangkatan serta mengecek harga tiket pesawat untuk yang lebih memilih melakukan perjalanan udara sangat dianjurkan. Semakin cepat membeli, semakin baik. Mempersiapkan alat snorkeling sendiri juga penting karena bisa memangkas biaya penyewaan alat. Properti untuk foto-foto juga krusial lho supaya media sosial kamu ramai dengan foto-foto indah saat sedang wisata ke Derawan!

Kalau sudah keburu ngiler, yuk direncanakan dari sekarang. Karena wisata Derawan Island memang luar biasa indah dan sudah sangat terkenal sampai dijuluki The Divers Heaven!

Diskusi / Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *