Liburan ke Maladewa Tanpa Hambatan, Ini Dia Tips dan Cara membuat Visa ke Maldives.

Danisa AgustrianiPassport and Visa, UncategorizedLeave a Comment

Sumber foto: Pixabay.com

Pesona pantai dan keindahan laut Maldives sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, sudah bukan rahasia kalau negara kecil di bagian barat Sri Langka ini menyimpan sejuta keindahan panorama bak kepingan surga dunia. Perpaduan laut berwarna biru toska nan jernih, serta hamparan pasir putih sejauh mata memandang dijamin akan menghipnotis kamu dan travelmates-mu. Pada artikel kali ini, kamu bisa dapetin informasi penting nih seputar cara membuat visa ke Maldives, yuk disimak!

Sebelum mulai menjelajah si cantik Maldives ada baiknya kalau kamu menyusun rencana perjalanan dulu.

Menyesuaikan budget adalah hal yang paling penting! Walaupun kebanyakan orang menilai Maldives merupakan tempat wisata yang mewah dan mahal, eitsss.. tapi sebenarnya kamu tetep bisa ko menyusun rencana liburan dengan low budget trip atau standar budget trip. Kamu bisa cek tips hemat jalan-jalan ke Maldives di sini.

Masih ga percaya kalo ke Maldives bisa dengan budget yang minim atau pas-pasan? Harus percaya! Karena harga tiket pesawat ke Maldives relatif murah, berkisar 3-4 juta PP. Bahkan beberapa airlines sering menawarkan promo dengan harga yang menarik.

Kalau sudah menyusun rencana perjalanan, kamu perlu tau seputar persiapan visa ke Maldives.

Sebelumnya kita mau kasih tau info dulu seputar visa supaya kamu ga bingung antara visa dan paspor. For your Information, Visa adalah sebuah dokumen izin masuk seseorang ke suatu negara yang bisa diperoleh di kedutaan di mana negara tersebut mempunyai Konsulat Jenderal atau kedutaan asing. Visa adalah tanda bukti ‘boleh berkunjung’ yang diberikan pada penduduk suatu negara jika memasuki wilayah negara lain yang mempersyaratkan adanya izin masuk. Bisa berbentuk stiker visa yang dapat di-apply di kedutaan negara yang akan dikunjungi atau berbentuk stempel pada paspor di negara tertentu.

Berdasarkan sumber lain, Visa adalah sebuah dokumen resmi yang kamu perlukan untuk masuk ke negara tujuan dalam periode waktu tertentu. Visa asli yang biasanya di stempel di paspor penerima sangat diperlukan jika kamu hendak berkunjung ke suatu negara tertentu.

Selebihnya, jika pemerintah telah mengadakan perjanjian dengan suatu negara agar penduduk negaranya bebas berkunjung ke suatu negara tersebut, maka jika kamu bepergian ke sana, kamu tidak memerlukan izin masuk ke negara itu atau dengan kata lain ‘bebas visa’ untuk pemegang paspor Indonesia. Paspor akan diberi stempel di imigrasi saat kamu sampai dan kamu akan langsung diperbolehkan masuk.

Nah, ada kabar gembira nih seputar Visa ke Maldives! Faktanya, kamu tak perlu repot untuk mengurus visa dari jauh-jauh hari ataupun mengantri di Kedubes, karena untuk warga Indonesia yang ingin ke Maldives kamu hanya membutuhkan visa on arrival. Yippee! Tapi, apa sih visa on arrival?

  • on arrival visa adalah visa yang bisa dibuat saat itu juga, saat kamu masuk ke dalam wilayah suatu negara. Baik itu lewat bandara, pelabuhan laut ataupun jalan kaki memasuki perbatasan negara. Visa ini bisa didapatkan apabila kedua negara punya hubungan baik, atau ada kerjasama sehingga proses pembuatan visa dipermudah.

Jadi, Maldives akan memberikan ‘bebas visa’ atau visa on arrival untuk kamu yang hanya berlibur di sana kurang dari 30 hari. Berdasarkan informasi di laman Maldives immigration visa gratis tiga puluh hari (visa on arrival) ini dikeluarkan pada saat kedatangan untuk semua Negara, dengan ketentuan:

  • Harus memiliki paspor yang sah dengan Machine Readable Zone (MRZ) – (standar ICAO Annex 9, bab 3.10.1) dan harus valid setidaknya 6 bulan dari tanggal kedatangan.
  • Miliki tiket yang valid untuk melanjutkan perjalanan ke luar Maladewa (tiket pesawat pulang-pergi).
  • Memiliki dana yang cukup untuk menutupi biaya selama masa tinggal di Maladewa. (US $ 100 + $ 50 dolar per hari) atau memiliki konfirmasi pemesanan di Tourist Resort atau Hotel.

Mudah bangetkan? Kamu tinggal membawa pulpen dan mengisi blanko yang sudah disiapkan setibanya di imigrasi Maldives. Juga yang paling penting adalah kamu sudah memegang tiket pesawat pulang-pergi, maka imigrasi Maldives sudah pasti meloloskanmu. Kamu juga bisa mencetak konfirmasi booking hotel supaya lebih aman.

Nah, bagi kamu yang belum pernah ke Maldives dan ga mau repot browsing informasi sana-sini untuk menyusun rencana perjalanan, cara paling mudah berkunjung ke Maladewa si “surga dunia” ini adalah dengan menggunakan jasa agen perjalanan. Apalagi buat kamu yang mendambakan liburan yang super fun dan ga pake ribet, kamu bisa banget ikut open trip bareng Wanderial. Cek di sini buat tau info lengkapnya!

 

Diskusi / Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *