Inilah Lokasi Karimun Jawa, Primadona Kota Jepara!

Danisa AgustrianiHow ToLeave a Comment

Banyak orang yang masih bertanya-tanya, Karimunjawa dimana sih? Lokasi Karimun Jawa terletak di Utara Jawa Tengah, sekitar 80 km dari Kota Jepara.

Pulau eksotis Karimunjawa Jepara yang sering dijuluki sebagai “surga tersembunyi” ini menjadi salah satu destinasi wisata bahari terbaik di Pulau Jawa yang wajib kamu kunjungi. Khususnya bagi kamu yang suka foto di alam terbuka, pulau ini memiliki banyak spot yang mempesona, dijamin bakal bikin kamu gagal move on.  

Lokasinya sendiri kamu bisa mengeceknya di sini.

Untuk menuju ke lokasi Karimun Jawa memang memerlukan sedikit perjuangan. Nah, artikel ini akan mengulas mengenai bagaimana cara menuju pulau Karimunjawa dan kapan waktu terbaik untuk mengunjungi pulau tersebut.

“Saatnya eksplor Karimunjawa , sang Primadona Jepara! Ini dia cara menuju ke sana, catat ya…”

Transportasi Udara

Belum tahu jika ada Karimunjawa Semarang flight?

Karimunjawa Semarang flight ini cocok bagi kamu yang mau menghemat waktu perjalanan. Kamu bisa memesan penerbangan dari kota asalmu langsung menuju Bandara Dewadaru (KWB) Karimunjawa. Semua penerbangan menuju Karimunjawa Jepara dengan pesawat terbang akan transit di Bandara Internasional Ahmad Yani (SRG) Semarang. Kemudian perjalanan akan dilanjutkan menggunakan pesawat Susi Air, Airfast Indonesia atau NAM Air sekitar 30 menit menuju ke kepulauan Karimunjawa.

Hal yang wajib kamu perhatikan dari Karimunjawa Semarang flight ini adalah jadwal penerbangan pesawat termasuk jam dan hari keberangkatan, karena bisa jadi tidak setiap saat ada jadwal penerbangan.

Untuk harga tiketnya sendiri kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp 650.000,- untuk mendapatkan tiket PP.

 
Sumber: Hello Karimun & Paket Karimunjawa Kita

Transportasi Darat

Untuk kamu yang merencanakan perjalanan melalui jalur darat, kamu bisa menggunakan bus malam menuju terminal terboyo (Semarang) kemudian estafet menggunakan bus rute Semarang tujuan akhir terminal Jepara (jadwal keberangkatan paling pagi pukul 05:00 WIB).

Perjalanan bus terminal terboyo Semarang-Jepara menghabiskan waktu sekitar 1-2 jam. Sesampainya di terminal Jepara, kamu harus menuju ke Pelabuhan  Kartini yang letaknya tidak jauh dari terminal untuk menyebrang ke Pulau Karimunjawa.

Ada dua jenis kapal yang bisa kamu pilih di pelabuhan Kartini yaitu kapal ferry kelas ekonomi/VIP KMP Siginjai atau kapal ferry cepat (KC Express Bahari).

Nah, info penting! Kamu perlu cek jadwal keberangkatan kapal ferry yang kamu pilih, kenapa? Karena kapal ferry untuk penyebrangan ke Karimunjawa ini jadwalnya tidak setiap hari ada, khususnya untuk kapal ferry Siginjai.

  • Kapal ferry Siginjai dengan jadwal keberangkatan hanya ada di hari Senin, Rabu dan Sabtu (jam 7 pagi) dan hari Jumat (jam 06:30 WIB). Sedangkan untuk rute kepulangan Karimunjawa-Jepara hanya ada hari Minggu, Selasa, Kamis (jam 7 pagi) dan hari Jumat (jam 12:30 WIB). Lama perjalanan yang ditempuh menggunakan kapal ini kurang lebih 4 jam.
  • Kapal ferry cepat (KC Express Bahari) dengan  jadwal keberangkatan hanya ada di hari Senin, Selasa dan Jumat (jam 9 pagi) dan hari Sabtu (jam 10 pagi). Sedangkan untuk rute kepulangannya terdapat di hari senin (pukul 12:00 WIB), rabu (11:00 WIB), sabtu (07:00 WIB) dan minggu (11:00 WIB). Lama perjalanan yang ditempuh menggunakan kapal ini kurang lebih 2 jam.

Nah, jika kamu ketinggalan kapal atau kamu tiba jauh sebelum pukul 7 di pelabuhan,  kamu bisa menyewa penginapan di sekitar Pelabuhan Kartini. Mengingat kapal hanya berangkat sehari sekali dan belum ada sistem online booking tiket kapal ferry, maka kamu bisa memilih untuk menggunakan jasa Wanderial untuk mempermudah kamu dan travelmate mu supaya liburanmu ke Karimunjawa sesuai rencana.

Setelah menempuh perjalanan dengan kapal ferry maka kamu akan tiba di pelabuhan Karimunjawa, welcome to the paradise of Java!


Sumber: Piknik Asik & Blogspot

Sudah tau Cara Menuju Ke Karimunjawa? Yuk Sekarang Cari Tahu Kapan Waktu yang Tepat untuk Kamu Mengunjungi Karimunjawa Jepara!

Kapan Sebaiknya Mengunjungi Karimunjawa Jepara

Meski cuaca dan kondisi laut Karimunjawa cenderung hangat sepanjang tahun namun menikmati keindahan Karimunjawa bisa saja hanya menjadi angan-angan. Saat cuaca ekstrem perjalanan kapal ferry bisa dibatalkan karena ombak yang besar, maka kamu harus menunggu 1-2 hari agar dapat berangkat. Nah, waktu yang tepat untuk mengeksplorasi Karimunjawa Jepara yaitu sekitar bulan April hingga Juni dan Oktober-November. Pada bulan-bulan tersebut ombak tidak terlalu tinggi dan angin tidak terlalu kencang, sehingga memudahkan pelayaran dari pelabuhan Kartini menuju Karimunjawa. Supaya tidak kecewa, tak ada salahnya jika kamu cek terlebih dahulu perkiraan BMKG sebelum berangkat.

Nah, setelah membaca artikel tentang lokasi Karimun Jawa, kamu tak perlu bertanya-tanya lagi Karimunjawa dimana ya! Sebab di artikel ini sudah dijelaskan dengan detail Karimunjawa dimana lengkap dengan Karimunjawa Semarang flight untuk memudahkanmu menuju ke pulau primadona kota Jepara ini.

Ternyata tak perlu jauh-jauh ke luar negeri kan untuk menikmati keindahan pantai bak surga dunia, yuk ke Karimunjawa! Jika ingin liburanmu lebih mudah dan tak perlu repot, kamu bisa cek Paket Karimunjawa milik Wanderial.

Penulis: Danisa Agustriani

Diskusi / Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *