Ini Dia Cara Membuat Paspor, Dokumen Wajib Untuk Kamu yang Mau ke Luar Negeri.

Danisa AgustrianiHow To, Passport and VisaLeave a Comment

Mau menjelajah ke luar negeri tak cukup hanya dengan modal rencana perjalanan dan budget yang sudah mantap, kamu juga membutuhkan paspor loh untuk masuk ke negara lain. Paspor ini adalah dokumen atau surat keterangan yang dikeluarkan secara resmi oleh suatu negara  untuk setiap warga negara yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri, kalau di Indonesia Direktorat Jenderal Imigrasi, dan Kemenkumham-lah yang berwenang mengeluarkannya. Nah, berikut ini Wanderial akan memberikan bocoran cara membuat paspor, syarat pembuatan paspor dan biaya pembuatan paspor.

Syarat dan cara membuat paspor RI

Kalau kamu berencana untuk traveling ke luar negeri, hal pertama yang wajib kamu siapkan adalah paspor mu. Jadi, kalau kamu belum mengantongi dokumen wajib ini tapi sudah punya rencana yang matang untuk liburan ke luar negeri, sebaiknya cepat-cepat kamu buat deh.

Untuk kamu ketahui, saat ini tersedia dua jenis paspor, yaitu paspor biasa dan paspor biasa elektronik (e-paspor). Perbedaannya, pada sampul e-paspor terdapat sebuah chip kecil yang berfungsi untuk menyimpan data biometrik seperti wajah dan sidik jari pemegang paspor. E-paspor ini juga memiliki keunggulan, yaitu pemilik paspor mendapatkan fasilitas Visa Waiver untuk ke Jepang. Jadi, jika paspor mu telah terdaftar dalam Visa Waiver, maka selama jangka waktu 3 tahun, kamu dapat berangkat kapan saja ke Jepang dengan syarat tidak lebih dari 15 hari, tanpa perlu kamu mengurus visa ke kedutaan Jepang yang ada di Indonesia terlebih dahulu. Jadi tentukan ya, kamu mau buat paspor yang mana.

Pembuatan paspor saat ini juga sudah jauh lebih mudah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya lho, bahkan persyaratanya juga sangat mudah. Nggak cuma dengan cara manual atau datang langsung ke kantor imigrasi, kamu pun bisa mendaftar secara online atau melalui Whatsapp. Canggih ya! Sebelum membuat paspor baru, ini dia syarat wajib yang perlu kamu penuhi terlebih dahulu.

Berikut ini dokumen yang harus kamu siapkan:

  • E-KTP
  • Akta kelahiran (jika tidak ada,bisa menggunakan surat nikah, ijazah terakhir, atau surat baptis)
  • Kartu keluarga

Untuk ketiga dokumen tersebut, jangan lupa menyertakan dokumen asli beserta salinan fotocopy-nya. Jangan lupa juga siapkan materai. Setelah semua dokumen yang dibutuhkan lengkap, kamu bisa mengajukan permohonan pembuatan paspor secara walk in alias datang langsung ke kantor imigrasi terdekat atau lakukan secara online.

Jika kamu mau menggunakan cara manual, usahakan datang pagi hari ke kantor imigrasi, sebab jumlah pemohon hanya dibatasi 200 orang setiap harinya dan kalau kamu kesiangan dijamin antriannya sudah panjang buanget. Ini dia gambarannya jika kamu memilih untuk datang langsung  ke kantor imigrasi :

  1. Mengisi formulir permohonan paspor yang tersedia di loket kantor imigrasi. Pastikan kamu mengisi data sesuai dengan informasi yang ada di dokumen resmi milik mu.
  2. Serahkan formulir ke loket pembuatan paspor baru untuk mendapatkan bukti tanda terima serta jadwal pengambilan sidik jari dan foto.
  3. Berikutnya, setelah melalui proses pengambilan sidik jari dan foto, ada tahap wawancara. Wawancara dilakukan untuk memverifikasi dokumen asli milik kamu dengan keterangan yang ditulis di formulir pembuatan paspor.
  4. Melakukan pembayaran dan nantinya kamu akan mendapatkan informasi kapan paspor akan selesai dan bisa diambil.

Untuk kamu yang males pergi ke kantor imigrasi dan anti sama antrian panjang, kamu bisa mencoba cara online yang lebih praktis. Nah, ini dia caranya :

  1. Unduh aplikasi Antrian Paspor Online resmi dari Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian (untuk ponsel Android).
  2. Daftarkan diri kamu dan isi identitas lengkap pada aplikasi. Setelah daftar, akun tersebut perlu kamu verifikasi melalui email.
  3. Login kembali setelah akun terverifikasi dan pilih kantor imigrasi terdekat dengan tempat tinggalmu.
  4. Lengkapi data permohonan yang meliputi tanggal rencana pengurusan paspor. Jangan lupa untuk cek kembali jadwal yang kamu ajukan apakah sudah disetujui atau belum.
  5. Jika sudah disetujui, kamu tinggal datang ke kantor imigrasi sesuai dengan jadwal. Tunjukan barcode saat datang ke sana untuk mendapatkan bukti cetak nomor urut panggilan.
  6. Setelah mendapat panggilan, serahkan berkas pengurusan paspor dan melakukan pembayaran. Petugas kemudian akan memberitahu kapan kamu bisa mengambil paspor mu yang telah selesai dibuat.

Pendaftaran paspor berikutnya juga bisa dilakukan via Whatsapp lho. Namun sayangnya saat ini baru beberapa kantor imigrasi yang menyediakan layanan ini, di antaranya imigrasi Batam, Jakarta Pusat dan Bogor. Cara ini sebenarnya sangat membantu untuk kamu yang tidak menggunakan ponsel Android tapi tak mau repot antri di kantor imigrasi. Pendaftaran paspor via Whatsapp ini juga mudah banget, kamu hanya tinggal mengirimkan data diri sesuai format yaitu :

#Nama#TglLahir#TglKedatangan (lalu kirim ke nomor Whatsapp Imigrasi yang tersedia)

Contohnya : #Sekar#23071989#22122018 lalu kirim ke 08111100333. (untuk imigrasi Bogor)

Selanjutnya kamu akan mendapatkan kode booking untuk mendapatkan pelayanan di kantor imigrasi sesuai dengan waktu yang dipilih. Jangan lupa, pada saat datang ke kantor imigrasi bawa kode booking dan seluruh dokumen yang jadi persyaratannya ya.

Cara dan syarat pembuatan paspor sudah, sekarang ini dia biaya pembuatan paspor.

Biaya pembuatan paspor dijamin tidak akan menghabiskan budget liburan yang sudah kamu persiapkan. Biaya pembuatan paspor ini bergantung pada jenis paspor yang akan kamu ajukan dan jumlah halaman yang kamu inginkan. Ini dia rinciannya :

  • Jika memilih paspor biasa 24 halaman biayanya adalah sebesar Rp100.000, sedangkan untuk 48 halaman biayanya sebesar Rp300.000.
  • Kalau kamu memilih e-paspor, biayanya memang agak lebih mahal, yaitu Rp600.000 untuk 48 halaman dan biaya tambahan sebesar Rp55.000 untuk jasa perekaman data biometrik.

Sekarang sudah tau kan apa saja yang harus disiapkan sebelum mengajukan permohonan pembuatan paspor, mulai dari syarat pembuatan paspor, cara membuat paspor hingga biaya paspor. Kalau sudah paham betul, itu artinya kamu sudah mantap untuk melanjutkan rencana liburan kamu ke luar negeri. Yuk kita menjelajah negeri-negeri seberang! Soal pesawat dan penginapan yang kece gak perlu kamu pikirin, tinggal klik di sini dan rasakan kemudahan ke luar negeri bareng team Wanderial.

 

Diskusi / Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *