Ini Dia Budget Transportasi Wisata di Bandung Supaya Liburanmu Lebih Hemat!

Mida NopitasariBudget and ItineraryLeave a Comment

Halo, Wanderers! Tanpa disadari, tahu-tahu kita sudah mendekati penghujung tahun 2018, nih, yang hanya berarti satu hal: li-bur-an. Whoa. Sama sekali nggak berasa, ya? Nah, bagi sebagian orang, bulan-bulan ini adalah timing yang tepat untuk mulai memikirkan: “Enaknya mau liburan kemana ya?” Nah, perjalanan wisata di Bandung bisa jadi salah satu alternatif yang sayang untuk dilewatkan!

Tapi sebelum itu, tentunya Wanderers perlu memilah dan memilih bagaimana caranya untuk bisa sampai ke sana. Jangan sampai biaya yang harus dikeluarkan membengkak!

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut pilihan-pilihan cara liburan ke Bandung yang bisa dijadikan pertimbangan:

Naik Pesawat

Harga Tiket: mulai dari Rp 600.000,- sampai 3.500.000,-
Maskapai: CityLink, Lion Air, hingga Garuda Indonesia

Berangkat ke Bandung PP dengan pesawat terbang menjadi salah satu alternatif yang bisa dipilih Wanderers yang berdomisili di Luar Pulau Jawa. Bandung punya Bandar Udara Husein Sastranegara yang melayani beberapa rute lokal maupun internasional.

Tipsnya memesan tiket liburan ke Bandung

  • Hindari wisata ke Bandung di akhir pekan karena selain harga tiket lebih mahal, Bandung juga penuh dikunjungi banyak orang
  • Hindari memesan tiket dadakan, disarankan untuk memesan jauh-jauh hari
  • Usahakan memesan tiket di jam-jam sibuk supaya Wanderers bisa mendapatkan penawaran terbaik

wisata di bandung  wisata kota bandung
Sumber: Tiket Pesawat Harga Greget dan Jabarprov

Kereta Api

Harga Tiket: mulai dari Rp 70.000,- sampai Rp 345.000,-

Opsi berikutnya adalah pergi liburan ke Bandung dengan menggunakan kereta api. Ini adalah opsi yang bisa dibilang klasik, terutama bagi Wanderers yang tinggal di pulau Jawa. Pergi ke Bandung menggunakan kereta api menjadi alternatif yang terbilang ramah kantong berhubung harga tiket api yang terjangkau dengan pelayanan serta ketepatan/kepastian waktu keberangkatan yang lebih baik.

Oiya, sangat disarankan untuk memesan tiket setidaknya 1 bulan sampai 2 minggu sebelum hari H ya, supaya kamu tidak kehabisan tiket liburan di bandung.

destinasi wisata bandung liburan ke bandung
Sumber: Instagram @bucek_denk dan Serba Bandung

Naik Bus

Harga Tiket: mulai dari Rp 70.000,- sampai Rp 280.000,-

Opsi selanjutnya adalah dengan menggunakan bus. Bandung memiliki dua terminal bus utama, yaitu Terminal Leuwi Panjang yang terletak di sisi barat kota Bandung, dan Terminal Cicacheum yang terletak di sisi timurnya. Terminal Leuwi Panjang umumnya menjadi titik ketibaan bis-bis Antar Kota Antar Propinsi yang berasal dari daerah Barat seperti Jakarta, Bogor, Garut, Sukabumi, dan sekitarnya. Sementara Terminal Cicaheum menjadi titik ketibaan bus-bus Antar Kota Antar Propinsi yang berasal dari Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

Untuk tiket bus sendiri bisa dipesan di pangkalan bus Antar Kota Antar Propinsi yang ada di terminal-terminal besar, atau dengan membayar langsung on the spot.

liburan di bandung liburan murah bandung
Sumber: Tribun News dan Sebandung

Menggunakan Jasa Travel

Harga Tiket: mulai dari Rp 70.000,- sampai Rp 150.000,-
Travel:DayTrans, XTrans, Baraya, CitiTrans, dsb

Liburan ke Bandung menggunakan travel biasanya dipilih karena Wanderers kehabisan tiket kereta atau memang lokasi rumah yang jauh dari stasiun kereta api.

Kelebihan jasa travel adalah kita bisa memesannya kapan pun dan biasanya pool-nya pun lebih dekat dengan rumah. Kekurangannya adalah jika kita berangkat saat akhir pekan atau libur panjang sering kali terjebak macet sepanjang perjalanan menuju Bandung.

tempat liburan bandung liburan di bandung
Sumber: Wisata Bdg dan Travel Bandung

Bawa Mobil Sendiri

Sudah jadi pengetahuan umum bahwa berlibur ke Bandung dengan bawa mobil pribadi punya sisi baik dan sisi buruknya. Sisi baiknya adalah Wanderers tidak perlu khawatir memikirkan soal bagaimana untuk pergi ke berbagai destinasi wisata Bandung.

Sisi buruknya adalah menyetir mobil pribadi bisa jadi sangat melelahkan, terutama ketika jalanan kota Bandung sedang tumpah ruah dikunjungi oleh wisatawan. Bisa-bisa, Wanderers gagal menikmati liburan karena uring-uringan sebab letih menyetir di jalanan yang macet.

Selain itu, Wanderers pun masih harus merogoh kantong untuk biaya-biaya lain seperti bensin, tol, dan pengeluaran tak terduga lain.

Nah, setibanya di Bandung, jika Wanderers bingung mau ngapain bisa cek juga paket-paket wisata di Bandung milik Wanderial ya. Kamu bisa klik di sini.

Diskusi / Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *