Pengen ke Maldives? Berapa Sih Biaya Liburan ke Maldives?

Larasestu HadisumarindaBudget and ItineraryLeave a Comment

Banyak yang bertanya-tanya berapa sih biaya liburan ke Maldives? Karena tentu saja total budget ke Maldives akan sangat bervariatif.

“Apakah benar biaya ke Maldives semahal itu? Sebab dari yang selama ini kita ketahui Maldives memang bukan destinasi yang murah untuk dikunjungi.”

Mitos atau fakta?

Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut kita akan mengupas tuntas mengenai biaya ke Maldives sedetail mungkin.

Jika kamu penasaran ingin ke Maldives dan berencana melakukan budgeting harga ke Maldives, poin-poin yang penting yang harus kamu ketahui adalah:

  • Apa saja yang harus kamu ketahui sebelum melakukan budgeting ke Maldives
  • Kapan sebaiknya kamu mulai merencanakan liburanmu ke Maldives
  • Berapa budget yang harus kamu keluarkan
  • Apa yang harus kamu lakukan setelah selesai melakukan budgeting

Empat faktor tersebut sangatlah krusial untuk mengetahui berapa banyak sih nanti biaya ke Maldives yang harus kita siapkan.

Apa Saja Yang Harus Kamu Ketahui Supaya Bisa Menghitung Biaya Liburan Ke Maldives?

 

Pertama, waktu terbaik mengunjungi Maldives adalah pada bulan November sampai Maret karena cuaca di sana terbilang cerah. Jadi kemungkinan liburanmu berantakan karena hujan, badai atau cuaca buruk sangatlah kecil. Sayangnya pada bulan November sampai Maret harga tiket ke Maldives juga lebih mahal dibandingkan bulan lainnya. Apalagi untuk kamu yang ingin pergi di bulan Desember dan Januari.

Tips dari Wanderial sendiri khususnya bagi kamu yang ingin berlibur di bulan Desember dan Januari adalah merencanakannya dari jauh-jauh hari. Kalau bisa sebelum November kamu sudah booking paket liburan, kamar, dan tiket pesawat. Karena jika persiapan liburanmu di bulan Desember dan Januari kamu lakukan dadakan, kecil kemungkinan masih ada hotel atau resort yang tersedia untukmu.

Kedua, riset harga tiket pesawat.

Untuk tiket dari Jakarta, Kuala Lumpur, Singapura, Kolombo, dan Bangkok ke Maldives pulang-pergi berkisar antara 3,8 juta rupiah sampai 4,8 juta rupiah dengan catatan kamu booking maksimal 2-3 bulan sebelumnya. Karena jika kamu booking tiket satu bulan sebelumnya atau bahkan beberapa minggu sebelumnya dijamin harga tiket sudah naik 25-100% dari harga normal.

Penerbangan dari Indonesia sendiri semuanya transit terlebih dahulu di Kuala Lumpur, Singapura, Kolombo dan Bangkok. Wanderial tidak menyarankan kamu untuk mengambil penerbangan yang transit di Kolombo karena selain pesawat sering delay, kamu juga masih harus mengurus visa transit di sana. Sangatlah tidak nyaman. Percayalah.

Untuk jam landing pesawat sendiri rata-rata penerbangan ke Maldives mendarat pada malam hari. Meskipun sejak 2018, Air Asia memiliki penerbangan yang mendarat pada pagi hari. Sayangnya jadwal tersebut tidak setiap hari ada. Jadi bagi kamu yang ‘tidak ingin kehilangan waktu’ saat liburan di sana kamu harus rajin mengecek tanggal dan jam keberangkatan Air Asia. Atau kamu bisa ikut travel fair yang diadakan Singapore Airlines. Biasanya pada saat sesi travel fair ini mereka mengeluarkan jadwal penerbangan ke Maldives yang mendarat pada pagi atau siang hari.

Ketiga, kamu menginginkan liburan yang seperti apa? Backpacker, low budget, atau yang mewah? Karena Maldives menyediakan semua untukmu.

Keempat, lama waktu yang kamu habiskan di Maldives tentu akan mempengaruhi biaya ke Maldives yang harus kamu keluarkan. Dan idealnya waktu yang kamu habiskan ke Maldives itu paling sedikit 3 malam.

Kapan Sebaiknya Kamu Mengeksekusi Rencana Budgeting Yang Sudah Kamu Buat Untuk Memperoleh Biaya Ke Maldives Yang Paling Murah?

 

Paling ideal baik itu tiket pesawat, paket perjalanan, dan akomodasi kamu untuk menginap sudah kamu booking maksimal 2-3 bulan sebelumnya. Terutama tiket pesawat karena tiket pesawat adalah faktor utama yang menggembungkan budget liburanmu. Kecuali kamu adalah Crazy Rich Asia di mana uang tidak pernah menjadi kendala untuk berlibur.

Berapa Budget Ke Maldives Bagi Backpacker?

 

 

Sebagai seorang backpacker sejati kamu pasti ingin bisa mendapatkan biaya liburan ke Maldives semurah mungkin. Hal ini tentunya bisa kamu lakukan dengan mencari tiket promo dengan harga paling mahal di angka 3,8 juta rupiah. Atau berangkat pada waktu low season yaitu pada April sampai Oktober.

Pada malam pertama kamu bisa menginap di Male atau Hulhumale dan mengeksplorasi dua lokasi pulau yang berdekatan ini sebelum besok kamu stand by di dermaga untuk menaiki ferry ke pulau lokal yang kamu pilih. Di Maldives kamu masih bisa mencari penginapan dengan biaya paling mahal 750 ribu rupiah. Satu kamar untuk 2 orang dengan fasilitas gratis sarapan.

Biaya transfer ke Pulau Lokal 2-20$ dengan kapal ferry, tergantung dengan pulau mana yang kamu pilih.

Jika kamu ingin menggunakan taksi di Male atau Hulhumale, biaya yang kamu keluarkan hanya 1-10$, tergantung dengan jarak tempuh dan tergantung seberapa lihai kamu menawar harga tersebut.

Harga 1 porsi makanan di Maldives bisa kamu peroleh 5-10$. Harga yang cukup mahal untuk ukuran orang Indonesia yang masih bisa mendapatkan satu porsi makanan di bawah 1$.

Sedangkan biaya yang harus kamu keluarkan untuk melakukan activity di sana seperti cruising, snorkeling, diving, resort day trip, fishing, bisa kamu dapatkan seharga 25-200$. Tergantung dengan kegiatan macam apa yang kamu pilih dan apakah aktivitas yang kamu pilih tersebut gabungan atau private. Karena jika kamu tidak hati-hati bisa jadi biaya yang kamu keluarkan saat backpacker ke Maldives malah lebih mahal dibandingkan saat kamu ikut open trip atau membeli paket perjalanan dari agent-agent yang menjual paket liburan ke Maldives.

Ingin Liburan Low Budget Ke Maldives Tetapi Tidak Mau Backpacker

 

Ternyata untuk mendapatkan harga liburan ke Maldives yang murah tidak perlu Backpacker.  Apalagi tidak semua traveler suka dengan gaya traveling backpaker. Nah, bagi kamu yang ingin memperoleh harga liburan ke Maldives yang murah meriah tetapi bukan a la a la backpacker kamu bisa menyiasatinya dengan ikut open trip atau beli paket liburan ke Maldives.

Sekarang banyak trip provider menjual paket hemat Maldives dengan harga di bawah 5 juta rupiah untuk 4 hari 3 malam, salah satunya Wanderial. Yang perlu kamu siapkan cukup tanggal keberangkatan, tiket pesawat, dan uang jajan selama di sana untuk memenuhi keperluan pribadi yang belum dikover oleh Wanderial.

Sesampainya bandara kamu akan dijemput oleh handler lokal yang sudah kami siapkan dan tidak perlu repot-repot menyebrang ke Pulau Male lalu naik taksi ke dermaga untuk mencari ferry karena Wanderial sudah menyiapkan speedboat untuk ke Pulau Maafushi. Yang tentunya akan membuat perjalananmu jadi lebih cepat dan nyaman. Selain menyiapkan speedboat untuk antar-jemput dari dan ke bandara, hotel, makan, dan activity pun sudah dikover oleh Wanderial. Kamu tinggal duduk manis dan menikmati keindahan Maldives.

Dan jika kamu ingin menginap ke resort tapi hanya satu atau dua malam kamu bisa memesannya via booking online dan Wanderial akan membantu menyiapkan transportasi pulang-pergi ke resort. Dengan begini biaya yang kamu keluarkan akan lebih hemat dibandingkan jika kamu melakukan booking transport langsung melalui resort. Kamu bisa hemat sampai 50% nya. Tetapi perlu dicatat, jika tidak semua resort mengijinkan transfer via travel agent ya…

Berapa Harga Ke Maldives Terutama Untuk Yang Ingin Menginap Di Resort?

 

Ini dia yang menjadi alasan utama kenapa harga liburan ke Maldives bisa sangat mahal. Tetapi ini juga yang membuat kemewahan Maldives terkenal seperti sekarang. Alkisah, dulu sebelum tahun 2010, wisatawan hanya bisa mengakses kawasan resort untuk berlibur ke Maldives. Tetapi sekarang pulau-pulau lokal sudah mulai dibuka untuk memfasilitasi turis yang ingin berlibur dengan budget yang lebih hemat.

Melihat fakta tersebut, bagaimana Maldives tidak dikenal sebagai tempat yang mahal? Bayangkan saja biaya menginap ke resort untuk 3 malam bisa menghabiskan 36-38 juta rupiah untuk dua orang. Harga ke Maldives tersebut belum termasuk dengan activity di sana. Baru harga villa di atas air, antar-jemput bandara menggunakan speedboat, dan makan-minum (pagi, siang, malam, snacking, afternoon tea, dan minum sepuasnya).

Perkiraan harga 36-38 juta rupiah ini untuk resort bintang 4 dengan fasilitas yang bagus dan lengkap. Dan tentunya dengan view tempat yang super instagram-able. Pastinya kamu tidak mau kan jauh-jauh ke Maldives dan menghabiskan waktu di resort yang lebih mirip gubuk reyot? Karena percayalah, jika kamu tidak jeli memilih resort bisa jadi kamu terbuai oleh harga ‘murah’ dan kecewa saat sudah sampai sana.

Atau biasanya begini, suatu resort akan murah karena jaraknya jauh dari Bandara Male. Jadi kamu masih harus naik seaplane lagi dan speedboat untuk sampai di sana. Jadi jika dihitung-hitung total biaya yang kamu keluarkan akan sama jika kamu berlibur di resort yang masih bisa diakses dengan speedboat dari bandara. Karena biaya yang harus kamu keluarkan sekitar 400-450$ lagi.

Dan tentunya ini tidak worth it sama sekali jika kamu menginap di sana di bawah 3 malam. Minimal 5-7 malam jika kamu memutuskan memilih resort yang jauh dari Bandara Male. Selain karena resort-resort tersebut sering memberikan diskon booking 7 malam cukup bayar 5 malam rasanya biaya yang kamu keluarkan untuk seaplane tadi jadi lebih masuk akal.

Pada intinya, kalau kamu tipe traveler yang suka bersantai dan bermalas-malasan tapi tetap ingin kekinian, resort-resort di Maldives adalah tempat yang cocok untuk menghabiskan liburanmu. Mulai dari resort yang murah sampai luar biasa mahal bisa kamu dapatkan di sini.

Tetapi kalau kamu tipe adventurous, ada baiknya kamu mengombinasikan berlibur ‘low budget’ di Maldives dengan menginap di pulau lokal seperti Maafushi baru setelah itu melanjutkan bermalas-malasan di resort atau cukup ikut resort day trip.

Alasannya? Karena biaya yang kamu keluarkan jika mengikut aktivitas di resort akan 3-5 kali lebih mahal jika kamu melakukannya di Maafushi. Padahal oleh resort kamu pun diajak untuk melakukan aktivitas dan mengunjungi tempat yang sama.

“So, be a smart traveler is a must…”

Kesimpulan

  • Maldives bukanlah negara yang murah seperti Indonesia
  • Waktu paling bagus mengunjungi Maldives pada bulan November – Maret
  • Harga tiket pesawat dari Jakarta/Kuala Lumpur/Singapura/Bangkok/Kolombo 3,8-4,8 juta rupiah jika booking jauh-jauh hari dan bukan saat highseason
  • Desember – Januari merupakan peak season di Maldives
  • Backpacker ke Maldives bisa jadi lebih mahal dibandingkan ikut open trip/membeli paket trip ke travel agent
  • Harga paket low budget ke Maldives untuk 4 hari 3 malam murah, masih di bawah 5 juta rupiah
  • Rate harga resort di Maldives yang sudah bagus dengan tipe kamar overwater villa sekitar 36-38 juta selama 3 malam untuk 2 orang
  • Harga aktivitas di resort lebih mahal dibandingkan di Pulau Maafushi

Apa Yang Harus Kamu Lakukan Setelah Selesai Menghitung Budget Ke Maldives?

 

Jika risetmu sudah selesai hal paling pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan kamu memiliki uang yang cukup untuk berlibur ke sana. Jika tidak jangan memaksakan diri. Kamu bisa melanjutkan menabung atau memilih destinasi lain seperti Pulo Cinta yang tidak kalah bagusnya.

Tetapi ada beberapa hal lain yang harus segera kamu lakukan secepatnya yaitu:

  • Menentukan tanggal keberangkatan dan mengecek harga tiket pesawat. Semakin cepat kamu membeli tiket pesawat semakin baik
  • Booking paket liburan ke Maldives melalui Wanderial baik itu liburan low budget, honeymoon atau resort
  • Mempersiapkan properti untuk foto-foto di sana supaya kamu punya dokumentasi yang bisa menjadi kenang-kenangan dan bisa kamu pamerkan di media sosial

Diskusi / Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *