Apa Itu Halal Tourism? Yuk Simak Panduan Singkatnya!

Natasya DevanandaStories

halal tourism

Buat kamu yang beragama Muslim, berlibur ke negara yang mayoritas penduduknya bukan beragama Islam mungkin akan sedikit menantang. Namun, hal itu tidak sulit untuk dilakukan kok! Sekarang ini, halal tourism sangatlah gencar di berbagai negara. Tapi, apa sih Halal Tourism itu?

Apa Itu Halal Tourism?

Halal tourism sebetulnya tidak jauh berbeda dari travelling biasa, bedanya adalah kita harus memperhatikan aturan aturan yang ada di agama Islam. Seperti mana saja restoran yang menyediakan makanan halal, kemudahan akses untuk beribadah, sampai dengan fasilitas kolam renang/spa di hotel yang terpisah antara laki laki dan wanita.

Nah, berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan harus kamu lakukan saat kamu ingin melakukan halal tourism.

Menentukan Destinasi Halal Tourism

halal tourism

Sebelum berlibur, hal yang harus ditentukan pasti adalah destinasi. Saat menentukan negara mana yang akan kamu kunjungi, lebih baik cari tahu dulu bagaimana islam di negara tersebut, dan bagaimana budaya di negara sana. Misalnya, di Jerman, Islam bukanlah agama mayoritas sehingga jika kamu berkunjung kesana kamu harus bisa memilah milih makanan yang akan kamu makan disana, karena bisa saja yang kamu makan itu adalah daging babi.

Berhati-hati Dalam Membeli Makanan dan Minuman

halal tourism

Berhati-hatilah saat kamu membeli makanan atau minuman, apalagi di negara yang tidak berbahasa Inggris, karena sebutan daging babi tidak hanya sebatas pork saja. Kamu harus mengenali sebutan-sebutan tersebut agar kamu bisa berhati-hati dalam membeli makanan. Kamu juga harus memperhatikan apakah minuman yang kamu beli mengandung alkohol atau tidak ya Wanderers. Untuk memudahkan perjalananmu, kamu bisa mencari list restoran halal yang berada di destinasi liburanmu di google kok!

Cari Tahu Masjid Di Destinasi Liburanmu

halal tourism

Sebagai seorang muslim, pasti kamu harus beribadah sehari 5 waktu kan, Wanderers? Nah maka dari itu penting untuk mencari tahu dimana saja letak masjid yang ada di destinasi liburan kamu! Ketahui juga waktu ibadah yang tepat di tempat berlibur-mu. Zaman sekarang, sudah banyak aplikasi yang bisa memberitahu kamu waktu shalat setempat sampai dengan arah kiblat. Jadi, jangan lupa di download ya!

Nah itu dia beberapa panduan singkat yang bisa kamu terapkan saat menjalani halal tourism ya Wanderers! Intinya, kemana saja tujuan liburanmu, pasti bisa dijalankan dengan lancar asal kamu berhati-hati dan cermat. Semoga liburanmu menyenangkan dan tetap halal ya!

Diskusi / Komentar