6 Festival Unik di Dunia Ini Bakal Bikin Kamu Pengen Ikutan Ngerayain!

Natasya DevanandaStories

Setiap negara pasti memiliki tradisi dan budaya yang berbeda-beda. Cara merayakannya juga pasti beda dong? Nah, yuk coba kita intip 6 festival unik di dunia ini! Siapa tahu kamu mempunyai kesempatan untuk mengunjunginya, Wanderers.

1. Festival Unik Di Dunia, Holi Festival

festival unik di dunia

 

Kamu tahu dong Color Run Festival yang pernah nge-hits di Indonesia beberapa tahun yang lalu? Nah, ini dia pelopornya! Tapi Holi Festival ini bukan festival lari ya, sedangkan ini adalah perayaan warga India atas kedatangannya musim semi. Festival yang dikenal sebagai “festival of colours” atau “festival of love” ini juga sekarang banyak dirayakan oleh orang dari berbagai negara.

2. Yi Peng Lantern Festival, Thailand

festival di dunia

 

Di Yi Peng Lantern Festival ini, orang orang melepaskan lentera ke langit sebagai simbol pelepasan sial yang terdapat di tahun lalu. Festival ini berbarengan dengan Loi Krathong, sebuah festival yang juga dirayakan oleh orang Thailand, jadi biasanya kedua festival ini digabung menjadi satu.

3. Mardi Gras, New Orleans

festival di dunia

 

Ini dia salah satu tradisi unik di dunia. Mardi Gras ini diselenggarakan untuk memperingati Epiphany atau Three Kings DayMardi Gras sendiri adalah bahasa Perancis dari Fat Tuesday yang berarti biasanya orang-orang makan besar sebelum melaksanakan puasa sebelum paskah.

4. Dia de los Muertos (Day of The Dead), Mexico

festival unik di dunia

 

Festival yang diselenggarakan oleh orang Meksiko ini dibuat untuk memperingati keluarga atau kerabat yang sudah terlebih dahulu meninggal. Biasanya, saat Day of The Dead ini diperingati, warga sekitar memakai kostum berwarna-warni dan menghias mukanya dengan berbagai riasan wajah.

5. Bon Om Touk, Kamboja

festival unik di dunia

Festival yang satu ini diperingati oleh warga Kamboja sebagai tanda berakhirnya musim hujan. Festival ini diadakan di ibukota Kamboja, yaitu di Phnom Penh. Biasanya, orang dari Kamboja berdatangan ke Phnom Penh untuk merayakan Bon Om Touk ini! Pada hari perayaan biasanya ada boat races di sungai Tonle Sap, dan juga kembang api di malam hari.

6. Tradisi Unik Di Dunia, La Tomatina

tradisi unik di dunia

 

Festival di dunia yang satu ini diselenggarakan untuk bersenang-senang! Biasanya warga Bunol, Spanyol terlibat dalam perang makanan sambil melempar tomat. Biasanya, festival ini berlangsung selama satu jam dimana kamu bisa bebas melempar tomat kepada siapapun. Di tahun 2015, estimasi tomat yang digunakan dalam festival ini yaitu sebanyak 145.000 kg tomat! Wah, banyak sekali ya, Wanderers!

Itu dia 6 festival di dunia dengan tradisi yang unik! Seru sekali bukan? Kalau kamu sedang pergi berlibur ke negara tersebut dan bertepatan dengan festival diselenggarakan, kamu wajib banget tuh untuk mengikutinya! Kalau kamu bisa mengikuti salah satu festival tersebut, kira-kira kamu mau ikut yang mana nih Wanderers?

Diskusi / Komentar