Ini Dia 5 Tempat Wisata di Phnom Penh yang Seru! Salah Satunya Bisa Latihan Menembak!

Juvincent HandratasyaStories

ibukota kamboja

Hai Wanderers! Sudah tahu belum kalau di Kamboja ternyata punya banyak tempat menarik? Negara Kamboja memang terkenal akan kekayaan peninggalan sejarahnya. Salah satunya yang paling terkenal yaitu Angkor Wat yang terletak di kota Siem Reap. Namun kali ini kita akan membahas apa saja yang ada di Phnom Penh. Jangan khawatir, karena di Ibukota Kamboja ini nggak kalah menarik lho! Bahkan kamu bisa latihan menembak juga di sana. Penasaran? Berikut 5 tempat wisata di Phnom Penh yang bakal bikin kamu pengen liburan ke sana.

1. Tuol Sleng, Tempat Wisata Di Phnom Penh Bekas Kekejaman Pol Pot

tempat wisata di phnom penhSalah satu bukti sejarah yang sangat memprihatinkan jika ditelusuri lebih dalam. Tuol Sleng dulunya merupakan sebuah sekolah, namun kemudian namanya diubah menjadi S-21 semenjak rejim Khmer Rouge yang dipimpin oleh Pol Pot berkuasa. Di sanalah tempat di mana orang-orang yang dianggap sebagai pemberontak pemerintah dipenjara serta disiksa hingga tidak berdaya. Ironisnya, dari sebanyak 14.000 tawanan yang disiksa, hanya 7 orang yang selamat berkat kedatangan tentara Vietnam.

Di sana, kamu bisa melihat berbagai fenomena tragis, mulai dari ranjang besi yang digunakan untuk menyiksa korban, sel-sel penjara yang sempit, lapangan penyiksaan, hingga pajangan foto para korban penyiksaan. Perasaan sedih serta horor bercampur-aduk ketika kamu mengunjungi tempat ini.

2. Choeung Ek Genocidal Center, Tempat wisata di Phnom Penh Yang Juga Merupakan Bekas Kekejaman Pol Pot

tempat wisata di phnom penhTidak berbeda jauh dari tempat sebelumnya. Jika di Tuol Sleng merupakan penjara dan tempat penyiksaan, di sini merupakan tempat para korban dieksekusi dan dikubur secara masal. Choeung Ek yang letaknya sekitar 15 km dari pusat ibukota, telah menjadi situs yang paling sering dikunjungi wisatawan asing jika berada di Phnom Penh.

Suasana horor pun akan terasa sama seperti ketika kamu mengunjungi Tuol Sleng. Kamu akan menyaksikan ribuan tulang-belulang dan tengkorak manusia yang terkubur di sini. Ada sebuah pohon yang konon katanya merupakan tempat dimana para anak kecil diikat dan dipukul hingga mati. Ada juga stupa yang dibangun dan diisi tengkorak manusia sebagai bentuk penghormatan kepada para korban yang dibunuh. Selalu ingat untuk tidak bersikap nyeleneh ketika melewati stupa tersebut atau kamu akan diusir oleh sang petugas.

3. Royal Palace & Silver Pagoda Di Ibukota Kamboja

ibukota kambojaPeninggalan sejarah yang berupa kompleks istana mewah tempat tinggal kekaisaran Khmer ini sangatlah cantik. Arsitektur dari bangunan megah ini dapat membuat-mu terpukau terutama corak bangunannya yang berwarna emas dan putih. Dan juga bangunan dengan desain khas Kamboja ini membuatnya tidak kalah dengan Taj Mahal yang ada di India. Ada juga Silver Pagoda yang masih satu kompleks dengan Royal Palace. Kedua tempat tersebut memiliki sejarah unik yang tidak boleh kamu lewatkan.

Kamu cukup membayar sekitar 10 USD untuk berkeliling dan mempelajari sejarah di sana. Harga tersebut sudah termasuk guide yang akan membawa-mu masuk kedalam sambil menceritakan asal usul Royal Palace. Ketika berkunjung ke sana, kamu tidak diperbolehkan untuk mengenakan baju atau celana yang terlalu pendek.

4. Berkeliling Di Central Market & Russian Market

ibukota kambojaBelum puas rasanya jika kamu mengunjungi Ibukota Kamboja tanpa singgah ke Central Market dan Russian Market. Kedua pasar tersebut sangatlah ramai akan pendatang, mau itu orang lokal ataupun wisatawan mancanegara. Tidak seperti pasar biasanya, kedua tempat ini menyajikan berbagai kebutuhan apapun yang mau kamu beli, mulai dari sembako, makanan siap saji, cemilan, baju, elektronik, perhiasan, hingga video game.

Barang apapun yang dijual disana selalu dipatok dengan harga tinggi. Oleh karena itu, bersiap-siaplah untuk tawar-menawar dengan penjual. Kamu juga perlu membawa jenis mata uang Khmer sebagai transaksi nominal kecil.

Central Market dan Russian Market menjadi tempat wisata di Phnom Penh yang wajib kamu kunjungi. Terutama buat kamu yang suka dengan jajanan unik berupa serangga, seperti jangkrik hingga tarantula goreng!

5. Latihan Menembak Di Outdoor Shooting Range Phnom Penh

latihan menembak, shooting range, shooting trip

Di Phnom Penh kamu juga bisa merasakan pengalaman yang berbeda dari biasanya, yaitu belajar menembak menggunakan senjata api! Terlepas dari suasana hiruk pikuk di ibukota Kamboja, di sini kamu akan merasakan suasana seperti saat adegan perang. Tenang, kamu nggak akan ditembak beneran kok! Kamu hanya perlu menyiapkan objek yang bisa kamu tembak seperti buah semangka atau bahkan tabung gas.

Bagi kamu yang pemula juga sudah ada pemandu yang akan mengajari kamu bagaimana cara menembak. Kamu bisa memilih jenis senjata mulai dari AK-47, M16, M60, hingga Bazooka! Menarik kan?

Ikuti Paket Shooting Trip Ke Phnom Penh Kamboja

Nah, jika kamu  ingin tahu lebih lanjut tentang tour ke Kamboja, kamu bisa klik di sini untuk ikut paket Shooting Trip ke Phnom Penh yang terjangkau! Tentunya ke-5 tempat di atas sudah termasuk kedalam itinerary paket, dan kamu sekaligus bisa belajar menembak jitu di sana!

Life is a grand adventure. Go live it!

Diskusi / Komentar