Berlibur ke Kamboja? Yuk Kunjungi 5 Tempat Wisata di Kamboja Ini!

Juvincent HandratasyaStories

tempat wisata kamboja, wisata kamboja

Hai Wanderers! Beberapa dari kamu mungkin sudah pernah merasakan liburan di Bali, Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, Tokyo, dll. Tapi, pernahkah kamu merasakan liburan di Kamboja? Walau terdengar asing, negara yang masih satu wilayah Asia Tenggara dengan Indonesia ini tidak boleh kamu lewatkan lho! Banyak tempat-tempat menarik penuh dengan sejarah di sana. Penasaran? Ini dia 5 tempat wisata di Kamboja yang wajib kamu kunjungi! Disimak yuk!

1. Angkor Wat, Objek Wisata di Kamboja yang Paling Menakjubkan

objek wisata di kamboja, wisata di kambojaSudah bukan rahasia lagi kalau Angkor Wat merupakan objek wisata di Kamboja yang paling indah. Saking indahnya, lokasi ini dijadikan tempat syuting film Hollywood! Contohnya seperti Tomb Raider yang dibintangi oleh Angelina Jolie.

Terletak di kota Siem Reap, Angkor Wat merupakan kompleks candi peninggalan kerajaan Khmer yang dibangun pada abad ke-12 Masehi, dan termasuk salah satu keajaiban dunia. Di sana terdapat kuil bercorak kerjaaan Buddha yang begitu banyak sehingga kamu bisa mengambil paket 3 hari untuk berkeliling serta mempelajari sejarahnya. Kuil-kuil yang bisa kamu kunjungi mulai dari Ta Prohm, Banteay Srey, Bayon, Angkor Thom, dan Ta Keo.

Walaupun letaknya begitu jauh dari Ibukota Kamboja, Phnom Penh, tapi kamu bisa menyewa van khusus rute Siem Reap selama 6 jam perjalanan yang harganya kurang lebih 13 USD atau sekitar 170.000 rupiah. Disarankan untuk berangkat lebih awal karena pemandangan sunrise dan sunset di Angkor Wat sangatlah cantik. Sesampainya di sana, kamu pasti bakalan takjub deh!

2. Wisata Kamboja Penuh Horor di Tuol Sleng

tempat wisata kamboja, wisata kambojaJika Indonesia punya Lawang Sewu, maka Kamboja punya Tuol Sleng. Dikenal dengan nama lain sebagai Penjara S-21, Tuol Sleng yang berada di kota Phnom Penh ini terkenal akan sejarahnya yang memilukan, yaitu pembantaian masal orang-orang tidak berdosa selama era pemerintahan diktator Pol Pot.

Sebanyak 14.000 orang yang dianggap sebagai pemberontak ditawan di sini, kemudian disiksa sampai mereka mengakui perbuatan mereka, hingga akhirnya dibunuh. Tragisnya, perempuan dan anak kecil juga menjadi korban kekejaman Pol Pot di tempat ini.

Kini, Tuol Sleng menjadi tempat wisata Kamboja yang selalu dikunjungi turis asing. Jika berada di sini, kamu akan menyaksikan berbagai bekas pembantaian yang masih menyisakan horor, mulai dari sel penjara yang sempit, ruang penyiksaan, hingga foto-foto para korban penyiksaan. Hati-mu akan terhenyak ketika melihat beberapa foto tersebut berisi anak kecil tidak berdosa.

3. Cheoung Ek Killing Fields, Tempat Wisata di Kamboja yang Diselimuti Tulang Manusia

tempat wisata di kamboja, wisata di kambojaBelum selesai di Tuol Sleng. Ada lagi tempat pembantaian masal yang letaknya sekitar 15 km dari pusat kota Phnom Penh, yaitu Cheoung Ek. Di sini, kamu akan menyaksikan kengerian berupa 8000 tengkorak manusia!

Choeung Ek Genocidal Center merupakan tempat eksekusi mati dan kuburan masal terhadap korban kekejaman Pol Pot. Terdapat sekitar 129 kuburan masal di sini, yang 43 di antaranya masih belum digali. Tempat ini juga terdapat beberapa spot penting dengan ceritanya yang tragis. Salah satunya yaitu sebuah pohon yang katanya dijadikan sebagai tempat untuk membantai anak-anak yang diikat di sana.

Buat kamu yang pengen ke tempat wisata di Kamboja satu ini, selalu berikan sikap hormat untuk mengenang para korban. Jangan sampai kamu berbuat nyeleneh dan menyalahi peraturan, bisa-bisa kamu diusir keluar oleh petugas di sana.

4. Tempat Wisata Kamboja di Istana Royal Palace dan Silver Pagoda

tempat wisata kamboja, wisata kambojaRoyal Palace merupakan Istana Raja yang memiliki bentuk bangunan nan cantik khas Kamboja. Bukan istana biasa, karena struktur bangunannya memiliki berbagai corak indah, dengan warna emas dan putih. Selain itu, ada juga Silver Pagoda yang disebut silver karena struktur bangunannya dibangun menggunakan 5000 ubin berbahan perak.

Jika kamu kesini, kamu diwajibkan untuk membayar sekitar 10 USD, dan kamu sudah mendapatkan guide yang akan membawa-mu ke dalam cerita dan sejarah Royal Palace dan Silver Pagoda. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan dresscode tertutup untuk mengunjungi tempat tersebut.

5. Museum Ranjau Darat, Tempat Wisata di Kamboja yang Nggak Kalah Seru

tempat wisata di kamboja, wisata di kamboja

Tempat wisata di Kamboja kali ini merupakan sebuah museum yang tidak biasa loh, yaitu Landmine Museum atau Museum Ranjau Darat.

Landmine Museum pertama kalinya didirikan oleh pemuda bernama Aki Ra, seseorang yang dianggap sebagai pahlawan karena telah membantu orang-orang sekitar yang menjadi korban bom ranjau. Selain itu, dia juga telah menjinakkan sekitar 50.000 bom ranjau, yang akhirnya dipamerkan di museumnya.

Letak Landmine Museum juga tidak jauh dari kawasan Angkor Wat, yaitu berada sekitar 25 km di utara kota Siem Reap. Jika kamu mengunjungi Angkor Wat, kamu wajib menyempatkan waktumu untuk ke sini menyaksikan berbagai ribuan bom ranjau serta mempelajari asal-usul seorang pemuda dermawan yang menghabiskan waktu hidupnya untuk menolong orang lain.

Itulah 5 tempat wisata di Kamboja yang wajib kamu kunjungi. Untuk menjelajahi kota Phnom Penh, kamu bisa mengambil Paket Tour Murah yang disediakan Wanderial dengan aktivitas yang dijamin bakal seru dan memacu adrenalin. Jangan lewatkan pengalaman-mu menuju Kamboja!

 

Diskusi / Komentar