5 Destinasi Wisata Yogyakarta: Kenangan Romantis Tidak Harus Bikin Kantong Tipis!

Jacinda GunawanDestination, ReportsLeave a Comment

Liburan adalah momen untuk membuat kenangan bersama orang tercinta. Budget terbatas? Percayalah, membuat kenangan romantis itu tidak melulu menguras kantong jika tahu destinasi mana saja yang perlu dikunjungi. Jika kalian tengah merencanakan liburan romantis yang simpel dan tetap istimewa, pertimbangkanlah wisata Yogyakarta. Kota ini merupakan kota modern yang masih sarat akan nilai-nilai kultural dengan sejuta pilihan destinasi wisata yang menarik, unik, dan tentu saja, tidak akan mengecewakanmu dan pasangan.

 

Mana saja destinasi wisata Yogyakarta, ya?

 

Tebing Breksi

Sumber foto: www.travelingyuk.com

 

Ingin traveling di outdoor namun jenuh dengan pantai atau gunung? Tidak usah bingung, Wanderial memiliki rekomendasi wisata Yogyakarta yang bisa dilirik: Taman Tebing Breksi! Lokasi ini mulanya merupakan  tambang batu yang kemudian dialihfungsikan secara kreatif oleh warga sekitar menjadi lokasi wisata yang apik dan anti-mainstream. Tebing ini tersusun dari material batu kapur membentuk relief unik di tebingnya yang menarik banyak wisatawan. Untuk mencapai puncak Tebing Breksi, kalian memerlukan tenaga ekstra demi menaiki anak tangga di sana. Tapi jangan kecil hati. Setelah sampai di puncak Tebing Breksi, pemandangan kota Yogyakarta serta Gunung Merapi dan candi-candi di kota ini akan menyambut dan membayar rasa lelah kalian. Jika ingin mencari spot foto untuk pre-wedding, salah satu wisata Yogyakarta ini juga bisa dijadikan referensi karena keindahan corak topografinya yang cocok untuk background. Pokoknya liburan di Taman Tebing Breksi sangat bisa dipamerkan di instastory, deh!

Tidak ada biaya untuk masuk ke lokasi alias Rp. 0 sehingga pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua,  Rp. 5.000 untuk mobil dan Rp. 10.000 untuk bus.

 

Kebun Buah Mangunan

wisata jogjakarta

Sumber foto: www.masbidintravel.net

Saat kalian mulai jemu dengan liburan di Malioboro atau destinasi wisata Yogyakarta populer lain, melipir lah sedikit ke Desa Mangunan di Kabupaten Bantul. Sekitar 35 km dari pusat Kota Yogyakarta, kalian akan menemukan sebuah keajaiban di dunia—negeri di atas awan!  Kebun Buah Mangunan ini memiliki pesona dan keindahan yang tidak perlu diragukan lagi.

Saat sunrise di musim penghujan, kalian bisa melihat gumpalan awan menyelimuti gunung-gunung di sekitar lokasi dengan begitu menakjubkan. Jika kalian bukan morning person dan enggan bangun pagi, berjalan-jalan saat siang atau sore juga tidak masalah, kok. Letak Kebun Buah Mangunan yang berada sekitar 200 mdp  ini selalu menyuguhkan udara sejuk yang cocok untuk jalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan berupa pohon-pohon buah yang variatif. Tak perlu takut bosan melihat pohon-pohon asri, aktivitas lain yang bisa dilakukan di lokasi ini adalah camping, bersepeda, outbond , dan yang pasti hunting foto!

Tiket masuk ke Kebun Buah Mangunan terbilang murah yang hanya sebesar Rp. 5000,- saja dan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 – 4.000,- tergantung kendaraan yang digunakan.

  

Hutan Pinus Mangunan

paket wisata jogja murah

Sumber foto: www.wisatabagus.net

Sekitar satu kilometer dari Kebun Buah Mangunan, kalian bisa menemukan kawasan wisata yang tak kalah indah: Hutan Pinus Mangunan. Keasrian pepohonan pinus yang menjulang akan langsung memesona mata. Tidak hanya itu, lokasi ini juga memiliki panggung yang dikeliling oleh kursi kayu yang bisa digunakan untuk pagelaran budaya atau teater jika diinginkan, bisa juga digunakan untuk sekadar duduk-duduk melepas lelah dan menikmati pemandangan dan menghirup udara segar.

Perjalanan romantis tidak harus melulu bergandengan tangan di bawah pohon sakura merah muda. Bergandengan tangan dengan pasangan menelusuri Hutan Pinus Mangunan pun bisa menjadi alternatif. Kalian bisa menikmati megahnya jajaran pohon pinus kokoh dengan semilir sepoi angin. Sangat direkomendasikan bagi pasangan yang mendambakan ketenangan untuk ber-quality time berdua.

 

Pinus Pengger

wisata yogyakarta

Sumber foto: travel.kompas.com

Berbeda dengan Hutan Pinus Mangunan, Pinus Pengger memiliki karakteristiknya sendiri yang super menarik. Untuk pecinta fotografi, kalian akan dipuaskan dengan spot-spot foto unik seperti pohon yang memiliki lubang besar di tengahnya dan pemandangan alam di atas ketinggian dengan spot foto yang menyerupai tangan raksasa sedang menengadah ke atas, seolah menangkup pengunjung yang tengah berada di telapaknya. Ingin mengunjungi Pinus Pengger saat malam? Tak perlu khawatir, saat malam menjelang, Pinus Pengger dihiasi oleh aneka lampu warna-warni yang akan menyemarakkan spot foto kalian dan menambah kesan estetik saat dipamerkan ke teman atau kerabat nantinya. Tidak akan menyesal, suguhan pemandangan dari Pinus Pengger akan membuat kalian betah berlama-lama di lokasi.

Tiket masuk kawasan Pinus Pengger dipatok sekitar Rp. 3.000 – Rp. 5.000,- saja. Cukup on budget untuk bisa menghabiskan waktu dengan duduk bersama pasangan menikmati gemerlap lampu-lampu di Kota Yogyakarta dengan disinari temaramnya bulan di langit malam. Kurang romantis apalagi?

 

Songgo Langit

paket wisata jogja

Sumber foto: visitingjogja.com

Siapa yang tidak tahu film legendaris The Hobbit? Pecinta film tersebut diwajibkan mengunjungi destinasi wisata ini ketika menyambangi bumi Yogyakarta. Kalian mungkin tidak akan menemukan sosok Gandalf ataupun The One Ring milik Bilbo, namun spot wisata Songgo Langit ini menyajikan suasana magical dengan bentuk rumah-rumah kecil ala rumah Hobbit di kawasannya. Untuk mencapai lokasi ini, kalian akan melewati hutan pinus dengan suasana alam yang menenangkan. Selain dari rumah Hobbit, kawasan wisata ini memiliki spot foto lain yang tidak kalah menarik, seperti rumah kurcaci yang akan membuatmu dan pasangan serasa berada di negeri dongeng. Jika kalian memiliki stamina lebih, kalian bisa meneruskan perjalanan menuju Bukit Songgo Langit. Seperti namanya, dari atas sana kalian akan merasa seperti berada di penyangga langit. Dataran tinggi kawasan Songgo Langit menyuguhkan pemandangan sawah-sawah yang hijau dan pemukiman warga yang amat memesona.

Harga tiket masuk ke kawasan wisata Songgo Langit sekitar Rp. 2.000,- saja per orang. Cukup murah namun sangat meriah, ‘kan?

 

Nah, itu menarik bukan wisata Yogyakarta-nya? Murah tapi sama sekali tidak murahan, kok. Tidak semua orang menikmati hingar-bingarnya kemewahan. Terkadang, orang justru lebih menyenangi kenangan manis dalam balutan kesederhanaan yang indah. Maka dari itu, bersama Wanderial yuk ciptakan kenangan manis yang berkesanmu dengan pasangan dengan wisata ke Yogyakarta!

0 votes

Diskusi / Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *